PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PROMOSI PEMASARAN PRODUK LOKAL OLEH KALANGAN USAHA DI KOTA MAKASSAR
Keywords:
Local products, Silk, ClothingAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pemanfaatan media internet oleh para pengusaha untuk memasarkan produk-produk pakaian jadi yang mereka tawarkan, disamping itu juga untuk mengetahui berbagai manfaat ikutan internet dalam memasarkan produk pakaian di Makassar. Hasil penelitian Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar menyimpulkan bahwa : Pengusaha produk lokal memanfaatkan media internet dengan melakukan advertising, Sales promotion, direct marketing, dan personal selling terhadap produk-produk mereka di internet karena dapat melakukan pemasaran secara cepat, Para pengusaha merasakan manfaat yang sangat besar dengan menggunakan media internet dibandingkan secara kovensional karena dapat mengurangii jumlah biaya dan waktu yang dikeluarkan dalam proses penjualan produk-lokal, Pembelian baju kaos didominasi oleh anak muda sedangkan orang tua lebih memilih produk sutera untuk keperluan yang bersifat formal, dan saat ini para pengusaha produk baju kaos sudah banyak menggunakan internet, tetapi pengusaha produk sutera masih sangat minim yang menggunakan media internet dalam penawaran produk sutera.
Abstract
The aim of this research study to get an overview of media use of the Internet by entrepreneurs to market their apparel products they offer, as it also to know the various benefits of follow-up internet in marketing their apparel products in Makassar. Utilization of research results Internet Marketing Promotional Products For local media circles By Business In Makassar concluded that: (i) Employers of local products by utilizing the Internet media advertising, sales promotion, direct marketing, and personal selling of their products on the internet because it can do marketing quickly, (ii) the employer felt tremendous benefit by using the internet compared to Conventional media as it can at reducing the amount of costs and time spent in the process of selling local products, (iii) Purchase T-shirt while dominated by young people parents prefer silk products for the purposes of which is formal, and now T-shirt entrepreneurs have a lot of products using the internet, but employers are still very minimal silk products using internet media in silk product offerings.
References
Fisher, B. Aubrey, 1986, Teori-Teori Komunikasi. Penyunting: Rakhmat, Penerjemah: Soejono Trimo. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Griffin, Emory A., A First Look at Communication Theory, 5th edition, New York: McGraw-Hill, 2003, page 341—354
Griffin, Emory A., A First Look at Communication Theory, 5th edition, New York: McGraw-Hill, 2003, p.390—402
J. Keegen Warren, Global Marketing Management. Fouth Edition. Tanpa tahun.
Kotler, Philip. 1987. Manajemen Pemasaran. Analisis, Planning dan control. Jilid 1 edisi 5. Penerjemah Drs. Jaka Wasana dan Dra.
Chrissanti. Hasibuan S. Erlangga . Jakarta. Kotler, Philip. 1987. Manajemen Pemasaran. Analisis, Planning dan control. Jilid 2 edisi 5. Penerjemah Drs. Hurujati Purwoko dan
Drs. Jaka Wasana. Erlangga . Jakarta. __________, 1997. Manajemen Pemasaran,
Alibahasa, Hendra teguh, Ronny Antonius Rusli. Prenhallindo.