PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI UNTUK POLITIK PENCITRAAN KANDIDAT BUPATI DAN WAKIL BUPATI DALAM PEMILUKADA TAKALAR 2012

Authors

  • Muhammad Zulkifli Tahir Universitas Hasanuddin
  • Hafied Cangara Universitas Hasanuddin
  • Andi Alimuddin Unde Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v2i2.360

Keywords:

communication media, takalar in election 2012, political candidates imaging

Abstract

Abstrak Kandidat yang bertarung dalam pemilihan umum Takalar dalam proses pencitraan, beberapa hal yang harus di pahami dalam melakukan kampanye, yaitu analisis khayalak (audience) dan kebutuhannya, sasaran dan tujuan, perencanaan strategi yang mencakup, komunikator, saluran (media), pesan dan penerima, penetapan tujuan, implementasi perencanaan yang meliputi, besarnya dana, sumber dana, dan waktu kampanye, serta melakukan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan media komunikasi dalam pembentukan citra pasangan calon bupati dan wakil bupati Kab. Takalar dalam penyelenggaraan pemilukada Takalar 2012 dan (2) pemilihan media komunikasi dalam pemilukada Takalar 2012. Tipe penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang bermaksud melakukan eksplorasi atau penjelajahan informasi atas tujuan penelitian. Sumber data berupa dokumentasi dan wawancara serta observasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh kandidat memanfaatkan media yang ada untuk sosialisasi dalam pemilihan bupati dan wakil bupati takalar dalam pemilukada takalar 2012. Serta pemilihan media yang digunakan oleh kandidat adanya perbedaan dalam produksi dan penyebaran media di wilayah takalar karena faktor tim, partai dan anggaran. Dalam pemilihan bupati dan wakil bupati yang diikuti 7 (tujuh) pasangan calon, pasangan nomor urut 2 (dua) Burhanuddin. B berpasangan dengan Natsir Ibrahim yang diusung oleh partai Golkar meraih suara terbanyak dan terpilih sebagai Bupati dan Wakli Bupati Takalar periode 2012-2017 dalam pemilihan satu putaran. penggunaan media yang tidak merata setiap kandidat karena faktor anggran dan kerja tim sukses, dan juga harus direncanakan sebaik mungkin dalam pemilihan media dalam pemilukada agar tidak terjadi pemborosan anggaran.Abstract Candidates contesting the elections Takalar in the imaging process, some things that must be understood in the campaign, the analysis of audience (audience) and their needs, goals and objectives, including strategic planning, communicators, channels (media), the message and the receiver, goal setting, implementation planning involved, the amount of funds, resources, and time of the campaign, as well as evaluating.This study aimed to determine (1) the use of communication media in shaping the image of the candidate regent and deputy regent district. Takalar in organizing the election Takalar 2012 and (2) the selection of communication media in the 2012 election Takalar. This type of research is descriptive qualitative exploration or exploration intends to make information on the purpose of research. Documentation and data sources such as interviews and observations associated with this research. The results showed that all candidates utilize existing media for dissemination in the regent and deputy regent election Takalar Takalar in 2012. And the selection of media used by candidates of differences in the production and dissemination of media in the region because of the team’s Takalar, party and budget. In the regent and deputy regent, followed 7 (seven) candidates, the pair number 2 (two) Burhanuddin. B pairs with Natsir Ibrahim carried by Golkar party won the most votes and was elected as a Regent and Regent Wakli Takalar the period 2012-2017 in the selection of the round. Unequal use of media for each candidate anggran factors and successful teamwork, and also should be planned as possible in the selection of the media in the election in order to avoid wasteful spending. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad,A.S. (1992). Komunikasi, Media Massa & Khayalak. Makassar: Hasanuddin University Press Ujung Pandang.

Agung, Silih, (2011), Politcal Branding & Public Relation. Jakarta: Gramedia Pusta- ka Utama.

Budiharjo, Miriam. (2003). Dasar Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cangara, Hafied. (2003). Penghantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Press.

______________. (2009). Komunikasi Politik: Konsep,Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Dennis, Mc Quail. (1991). Teori Komunikasi Massa: Suatu Penghantar. Jakarta: Erlangga.

Hajar, Ibnu. (2011). Strategi Kampanye Pemenangan “KERABAT” dalam mempengaruhi perilaku pemilih pemula dalam Pilkada Jeneponto (Tesis). Makassar: Universitas Hasanuddin.

Lestaluhu, Said. (2009). Hubungan Antara Iklan Politik di Media Cetak dan Perilaku memilih masyarakat pada pemilihan Gubernur dan Wakili Gubernur Maluku Periode 2008-2013. (Tesis). Makassar: Universitas Hasanuddin

Nimmo, Dan. (1978). Political Communication dan Public Opinion. America: Goodyear Publishing Company.

Rakmat,Jalaluddin. (2006). Komunikasi Politik; Khayalak Dan Efek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surbakti, Ramlan. (2010). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Grasindo.

Zulfikar,Achmad. (2012). Politik Pencitraan SBY (Analisis Framing Blog Kompiasana Wisnu Nugroho Tentang Komunikasi Politik Presiden SBY) (Tesis). Makassar: Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2016-06-20

Issue

Section

Articles