HUBUNGAN ANTARA TERPAAN FITUR LINE SHOPPING DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN

Authors

  • Annisa Lutfiah Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Farid Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Alem Febri Sonni Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5162

Keywords:

Terpaan media, Line Shopping, keputusan membeli, mahasiswi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk: (1) Mengetahui terpaan fitur Line Shopping pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. (2) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara terpaan fitur Line Shopping dengan keputusan membeli mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. (3)Mengetahui tingkat hubungan antara terpaan fitur Line Shopping dengan keputusan membeli mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih lima bulan yaitu dari bulan Februari hingga Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin angkatan 2014, 2015, 2016 dan 2017. Responden dalam penelitian ini ditentukan secara probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dan teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terpaan fitur Line Shopping pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis berada pada kategori sedang dengan presentase 90,5%. (2) tingkat terpaan fitur Line Shopping dengan keputusan membeli mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin berada dalam kategori sangat renda nilai C = 0,057.(3) Perhitungan nilai kontingensi menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara terpaan fitur Line Shopping dengan keputusan membeli mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, dimana r hitung < r tabel (0,784<5,991).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro.2014. dkk. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

J, Nugroho. Setiadi. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana

Kurnia, Novi. 2005. Jurnal Komunikasi Vol 6. No. 2 Teknologi Komunikasi dan Media

Baru, Implikasi Terhadap Teori Komunikasi. Jakarta: Mediator.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

McQuail, Denis. 1989. Teori Komunikasi Massa. Edisi kedua.Jakarta: Erlangga.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Prabu, Anwar M. 2005.Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Bandung: Refika Aditama

Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rianse, Usman & Abdi. 2012. Metodologi Penulisan Sosial dan Ekonomi. Bandung: Alfabeta.

Richard Wesr, Lynn H. T. 2009. Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Saverin, W.J & Tankard, J.W. 2009. Teori Komunikasi, Sejarah Metode dan Terapan dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Articles