FACEBOOK DAN PENGEMBANGAN HUBUNGAN INTERPERSONAL KETERBUKAAN DIRI ETNIS BUGIS MENERIMA ETNIS LAIN SEBAGAI PASANGAN HIDUP

Dian Fitriana, Muhammad Farid, Muhammad Nadjib

Abstract


facebook sebagai salah satu model dari komunikasi interpersonal bermedia (interpersonal mediated communication). Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan penggunaan facebook sebagai media komunikasi interpersonal di cyberspace, memahami pola pengembangan hubungan interpersonal dan menganalisis kontribusi facebook terhadap keterbukaan diri etnis Bugis dalam menerima etnis lain sebagai pasangan hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari enam orang pengguna facebook beretnis Bugis yang melakukan pengembangan hubungan dari superfisial menuju institusional (pernikahan) dengan pasangannya (beretnis lain) dan dimediasi oleh facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dan pemanfaatan fitur facebook sebagai media komunikasi interpersonal di  cyberspace belum maksimal karena hanya menggunakan beberapa fitur umum dan tidak memanfaatkan fitur lainnya yang dapat membantu komunikasi interpersonal secara maksimal. Hal ini akhirnya berimbas pada pola pengembangan hubungan yang terjadi di facebook tidak terjadi secara maksimal sehingga pengguna lebih memilih untuk melanjutkan komunikasi secara intensif menggunakan media personal dan media sosial lainnya seperti telpon, sms, bbm, line, dan whattapp. Sehingga kontribusi facebook hanya terbatas pada mempertemukan, mengenal identitas diri sesama pengguna dan menjalin komunikasi awal saja, tidak memberikan kontribusi maksimal sampai pada tahapan akhir dalam pola pengembangan hubungan yaitu tahapan institusional (pernikahan). Selain itu faktor budaya endogami yang awalnya dianut oleh masyarakat Bugis pun sedikit banyaknya memiliki andil yang cukup besar dalam menentukan seorang pasangan hidup


Keywords


Facebook, Pengembangan Hubungan, Kontribusi, Etnis Bugis

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2015). Perkembangan Pesat Internet di Indonesia. Diakses 27 Jan 2016. Available from: http://www.miung.com/2015/01/perkembangan-pesat-internet-di-indonesia

Basrowi & Sukidin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya : Insan Cendekia

Devito J. A. (2006). Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Tanggerang: Karisma Publishing Group.

Flew T. (2008). New Media: An Introduction. New York: Oxford University Press.

Hidayat D. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Idrus N. I. (2004). Behind the Notion of Siala: Marriage, Adat and Islam among the Bugis in South Sulawesi. Intersections:Gender,History and Culture in the Asian Context,. http://intersections.anu.edu.au/issue10/idrus.html

Littlejohn S. W. & Karen A. F. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. Thousand Oaks, California USA : SAGE Publication Inc.

Liliweri A. (2015). Komunikasi Antar-Personal. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Mattulada. (1985). LATOA Satu Lukisan Analitis Terhadap Antropologi-Politik Orang Bugis. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

McQuail D. (2011). Mass Communication Theory. Jakarta : Salemba Humanika

Noviandari L. (2015). Statistik Pengguna Internet dan Media Sosial Terbaru. Diakses 27 Jan 2016.Available from: https://id.techinasia.com/talk/statistik-pengguna-internet-dan-media-sosial-terbaru-2015.

Saefullah U. (2007). Kapita Selekta Komunikasi Pendekatan Budaya dan Agama .Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Sarwono S.W. (2002). Psikologi Sosial :Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta : Balai Pustaka.

Sofiah M. (2014). Facebook, Media Efektif Cari Jodoh. Diakses 19 Maret 2016. Available from: http://m.life.viva.co.id/news/read/494965-facebook-media-efektif-cari-jodoh.

Widiarini M. (2012). Trust Pada Individu Yang Menjalin Hubungan Interpersonal Melalui Jejaring Sosial. Depok: Fisip Universitas Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been indexed by:



Creative Commons License
 

View My Stats


____________________________________________________

KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
ISSN Print : 2088-4117 ISSN Online : 2528-2891

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Makassar 90245
Telp/fax. (0411) 585024 SMS Gateway : +62811444874
Email: jurnalkareba@unhas.ac.id