HUBUNGAN ANTARA MENONTON IKLAN PARTAI PERINDO DI TELEVISI DAN POPULARITAS PARTAI PERINDO DI KALANGAN MAHASISWA UNHAS

Andarwati Andarwati, Kahar Kahar, Mursalim Mursalim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adakah hubungan antara Menonton Iklan Partai Perindo di Televisi dan Popularitas Partai Perindo dikalangan Mahasiswa Unhas. (2) mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Popularitas Partai Perindo dikalangan Mahasiswa Unhas. Penelitian ini dilakukan di Universitas Hasanuddin. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penulisan secara deskriptif, yaitu menggambarkan atau menjelaskan objek penelitian berdasarkan data dari jawaban responden yang diperoleh melalui kuesioner penelitian. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 342 responden. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner penelitian dan data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka, serta situs internet yang relevan dengan fokus penelitian. Data yang dikumpulkan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi, tabel silang, uji chi-square, dan koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Bedasarkan hasil tabel silang, uji chi square dan koefisien kontingensi antara tingkat menonton iklan partai Perindo di televisi (X) dan tingkat popularitas partai Perindo di kalangan mahasiswa Unhas (Y) menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima atau dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat menonton iklan partai Perindo di televisi dan popuaritas partai Perindo di kalangan mahasiswa Unhas. Hubungan antara kedua variabel tersebut rendah tapi pasti. (2) Sebanyak 52,0% (178 responden) menjawab setuju bahwa faktor yang mempengaruhi popularitas partai perindo di kalangan mahasiswa Unhas adalah karena iklannya yang menarik.


Keywords


iklan partai; perindo

Full Text:

PDF

References


Hadi, Aulia. 2010. Pariwara Politik di Televisi Menyongsong Pemilu Legislatif 2009. Jakarta: Jurnal Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB)-LIPI.

Https://www.kbbi.web.id/. 25 November 2017: pukul 19.03 Wita.

Jais, Muhammad. 2013. Dasa-Dasar Periklanan. Serang: Graha Ilmu.

Jayanti Murni Malia Simanjuntak. 2014. Hubungan Antara Menonton Iklan Politik Di Televisi Dan Keputusan Memilih Calon Presiden Di Kalangan Pemilih Pemula. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin.

Mufid, Miftachul. 2015. Pengaruh Iklan Pemilu Terhadap Minat Pemilih Pemula (Study Kuantitatif Pada Pemilu Legislative Tahun 2014 Pada Iklan TV Versi “Generasi Cerdas” di Desa Widarapayung Wetan Kec. Binangun Kab. Cilacap). Skripsi Tidak Diterbitkan.Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Social Dan Humaniora Universitas Sunan Kalijaga.

McQuail, Denis. 1989. Teori Komunikasi Massa. Edisi kedua. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been indexed by:



Creative Commons License
 

View My Stats


____________________________________________________

KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
ISSN Print : 2088-4117 ISSN Online : 2528-2891

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Makassar 90245
Telp/fax. (0411) 585024 SMS Gateway : +62811444874
Email: jurnalkareba@unhas.ac.id