PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS GUNA MENUMBUHKAN JIWA NASIONALISME DAN PATRIOTISME SISWA SMPN 12 KENDARI

Authors

  • Fitriani Fitriani LPMP Prov. Sultra
  • Tawany Rahamma Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Nadjib Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i1.5173

Keywords:

Teknologi digital, pembelajaran IPS, jiwa nasionalisme, patriotisme

Abstract

Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran merupakan tantangan bagi guru diera digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) gambaran pelaksanaan pembelajaran IPS yang memanfaatkan teknologi digital dan yang tidak memanfaatkan teknologi digital, 2) gambaran  jiwa nasionalisme dan patriotisme siswa  sebelum dan sesudah pembelajaran IPS yang memanfaatkan teknologi digital, 3) gambaran  jiwa nasionalisme dan patriotisme siswa  sebelum dan sesudah pembelajaran IPS yang tidak memanfaatkan teknologi digital, 4) pengaruh pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran IPS terhadap pembentukan jiwa nasionalisme dan patriotisme.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen secara acak dipilih kelas eksperimen yaitu kelas yang memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran dan kelas kontrol tidak memanfaatkan teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan teknologi digital lebih menarik dan efektif, range gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 11 dan nilai mean 1.73 , range gain hasil belajar siswa pada kelas kontrol 17 dan nilai mean -0.11. Hasil uji t jiwa nasionalisme dan patriotisme kelas memanfaatkan teknologi  digital dan yang tidak memanfaatkan teknologi digital  nilai Sig (p) 0.000  ≤ sig 0,05 menunjukkan adanya perbedaan signifikan. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital lebih berhasil meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Haposan. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Media Visual. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. Vol.8(1): 10-20.

Miftah. (2015). Peran dan Fungsi Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Untuk PAUD. Jurnal Teknodik Vol. 19(1): 1-11.

Naim. (2014). Kontribusi Apresiasi Pembelajaran Sejarah, Penghayatan Ideologi Pancasila dan Nilai-Nilai Agama Terhadap Sikap Nasionalisme. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Okta dkk. (2015). Pengaruh Budaya dan Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa. Diakses 11 Januari 2016. dari http//www. Jurnal fkip. Unila.ac.id.

Rakhmat. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faslah. (2011). Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep IPS dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bermakna. Econo sains Jurnal Volume IX(2): 161-170.

Pawit. (2010). Komunikasi Instruksional Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Saputra. (2012). Pengaruh Pemahaman Materi Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Terhadap Sikap Nasionalisme, Patriotisme Dan Pelestarian Nilai Budaya Bangsa. (Thesis) Lampung: Universitas Lampung.

Sofyan & Heri . (2009). SPPS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Softawre SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.

Syukur. (2014). Profesionlisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan . Vol.20(2): 200-210.

Udin S.W. ( 2011). Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Unde A. ( 2014). Televisi dan Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenamedia Group.

Yaumi M. (2011). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan vol 14(1): 88-102

Zuriah N. ( 2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-10-03

Issue

Section

Articles