KEPALA DESA DAN KEARIFAN LOKAL STUDI TENTANG KEMAMPUAN PARA CALON KEPALA DESA DALAM MENJALIN KOMUNIKASI SOSIAL DENGAN WARGA PADA PILKADES DI TIGA DESA KABUPATEN MAJENE

Ardiansyah Ardiansyah, Hafied Cangara, Andi Alimuddin Unde

Abstract


Pemilihan kepala desa (pilkades) kini dianggap sebagai arena demokrasi yang paling nyata di desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)  Kemampuan para calon kepala desa dalam menjalin komunikasi sosial dengan warga pada pilkades di tiga desa Kabupaten Majene. (2) Bentuk komunikasi sosial yang dilakukan oleh para calon kepala desa dalam menggalang warga untuk memilih kandidat pada pilkades di tiga desa Kabupaten Majene dan (3) faktor-faktor yang menjadi pendorong/penarik para warga dalam menentukan pilihan kepala desa di tiga desa Kabupaten Majene. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Desa Kabupaten Majene. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan jumlah informan sebanyak tiga puluh dua orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada Pilkades mempunyai kemampuan yang hampir sama dalam berkomunikasi sosial dengan warga dalam membangun konsep diri, untuk kelangsungan hidup, aktualisasi diri. (2) Bentuk komunikasi sosial yang dilakukan para calon kepala desa di tiga desa dalam menggalang warga untuk memilih kandidat pada Pilkades hampir sama yaitu dengan menggunakan komunikasi interpersonal dan (3) Faktor-faktor yang menjadi pendorong warga dalam menentukan pilihan kepala desa yaitu Janji Calon Kepala Desa, Kearifan lokal yang dimiliki oleh seorang calon kepala desa, aspek keuangan dan keluarga


Keywords


Komunikasi sosial, kepala desa, kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Altman. I & Taylor. D, (1973), Social Penetration: The Develompemnt of Interpersonal Relationship, Jold. Rinehart & Winston, New York

Astrid S. Susanto. (1985). Komunikasi sosial di Indonesia. Bina Cipta. Bandung

Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Mariana, Dede & Paskarina, Caroline. (2008). Demokrasi & Politik Desentralisasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Miles B.B. & Huberman A.M. (1992). Analisa Data Kualitatif. UI Press Jakarta. Jakarta

Olson, J.M, and M.P. Zanna (1993). Attitudes and Attitude Change Annual Review of Psycology, 44:117-154.

Sendjaja, Sasa Djuarsa. (2004). Teori Komunikasi. Universitas Terbuka, Jakarta.

Sibarani, Robert (2012). Kearifan Lokal : Hakikat, Peran dan Metode Tradisi Lisan. Asosiasi Tradisi Lisan. Jakarta.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Bisnis Cetakan keduabelas. Alfabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.31947/kareba.v7i1.5244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi has been indexed in : 

   

 


Creative Commons License
 

View My Stats


____________________________________________________

KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
ISSN Print : 2088-4117ISSN Online : 2528-2891

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Makassar 90245
Telp/fax. (0411) 585024 SMS Gateway : +62811444874
Email: jurnalkarebakomunikasi@gmail.com