ARTIS DAN PILKADA (POLITIC MARKETING PEMENANGAN HIDAYAT – SIGIT PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA KOTA PALU)

Authors

  • Pusparani Saharan Putri Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Hasrullah Hasrullah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Nadjib Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

Keywords:

Pemilukada, Politic Marketing, Artis

Abstract

Pada awal pendeklarasian diri pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Palu, Hidayat dan Sigit sama – sama mendeklarasikan diri untuk maju sebagai Walikota pada pemilihan Walikota Palu periode 2015 – 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan – tahapan strategi atau taktik pasangan Hidayat – Sigit dalam mengaplikasikan strategi politic marketing. Penelitian ini dilaksanakan di kota Palu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi kepustakaan  kemudian dianalisis secara deskriptif. Penentuan  informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah informan sebanyak  9 orang. Mereka yang menjadi narasumber merupakan kandidat yang diusung dan tim pemenang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan strategi marketing  Hidayat – Sigit dimulai dari pembentukan tim pemenangan dan tim relawan untuk merumuskan perencanaan strategi dan melakukan riset pemasaran berdasarkan indikator bauran pemasaran product, place, price dan diimplemtasikan kedalam bentuk promosi pada saat kampanye berlangsung.

References

Cangara H. (2014). Komunikasi Politik, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Effendy O. U. (2002). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Firmanzah. (2007). Marketing Politik antara Pemahaman Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

________. (2008). Mengelolah Partai Politik, Komunikasi dan Positioning Ideologi Politik di Era Demokrasi. Jakarta: Yayasan Obor

Herwanita. (2013), Strategi Kampanye Politik Partai Kebangkitan Bangsa dalam Meningkatkan Dukungan Pemilih Menuju Legislatif 2014. Universitas Hasanudin. Makassar.

Kaid L. L (2004). Handbook Of Political Communication Research. New Jersey: Lawrence Erbalum Associates Publishers

Kotler P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Nursal A. (2004). Political Marketing: strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rahmarini G. M. (2015). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Pemerintah Kota Palu dalam Menarik Minat Investor Untuk Berinvestasi Pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Universitas Hasanudin. Makassar.

Rakhmat J. (2009). Psikologi Komunikasi. Cetakan 27. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-01-04

Issue

Section

Articles