KEGIATAN PR PT DONGGI SENORO LNG KABUPATEN BANGGAI DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK SOSIAL PADA MASYARAKAT SEKITAR

Authors

  • Siska Mahmud Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Hafied Cangara Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Dwia Aries Tina Pulubuhu Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

Keywords:

Public Relations, Konflik Sosial

Abstract

Konflik Sosial merupakan suatu kegiatan yang berlangsung  dengan  melibatkan  orang atau kelompok yang saling menentang. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisis (1) bentuk dan penyelesaian konflik sosial. (2) bentuk kebijakan. (3) Aktivitas komunikasi yang digunakan public relations PT Donggi Senoro Liquefied Natural Gas (DSLNG) dalam menyelesaikan konflik sosial pada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan di Kabupaten Luwuk Banggai Propinsi Sulawesi Tengah. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan sebanyak 20 orang yang mengetahui dan terkait dengan masalah kegiatan Public Relations dalam penyelesaian konflik Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian konflik sosial dikabupaten luwuk banggai di lakukan langkah-langkah Community Relations dalam melaksanakan program CSR (Corporate Social Respobility) misalnya, melalui rumah pendampingan dalam bentuk pemberian bantuan sumbangan pendidikan kepada anak berprestasi, bimbingan enterpreneuship (kewirausahaan) pada masyarakat sekitar sehingga di nilai belum optimal dan belum merata. Untuk itu penelitian ini menyarankan perlunya ditingkatkan peran PT DSLNG dalam mengatasi kesenjangan sosial pada masyarakat sekitar yang menjadi salah satu pemicu konflik, serta pemberdayaan potensi tenaga kerja lokal.

References

Anggoro M.L. (2008). Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin A.(2008). Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Bungin B. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group

Bungin. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

Cangara H. (2014). Perencanaan Komunikasi. edisi revisi cetakan ke dua. Jakarta: Grafindo Persada

Cutlip et al. (2006). Efectif Public Relations.Edisi Kesembilan. Pearson Education Inc.

Djaja D (2000). Komunikasi Antar Manusia. Bandung: Remaja Bandung

Rachmadi. (2003). Publik Relations dalam Praktek. Jakarta: Bumi Aksara

Rachmadi. (1998). Manajemen Konflik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rosady R. (2006). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta:Ghalia Indonesia

Prayudi. (2011). Pengantar Public Relations. Jakarta: Grafindo Persada

Sukamto S. (2006). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kompas Gramedia

Toni. (2002). Publik Relations dan Pembentukan Citranya. Cetakan ketiga. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2019-01-04

Issue

Section

Articles