PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ASOKA KOTA MAKASSAR

Authors

  • Marwah Marwah Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Tawany Rahamma Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Nadjib Universitas Hasanuddin, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5322

Keywords:

Kata kunci, Pendekatan Saintifik, Pengembangan Bahasa Anak

Abstract

ABSTRAK Pendekatan Saintifik sangat mendukung perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa anak di taman kanak kanak Asoka kota Makassar, (2) Untuk mengetahui tingkat perkembangan bahasa anak di taman kanak kanak Asoka kota Makassar, (3) Untuk mengetahui hubungan pelaksanaan pendekatan saintifik terhadap tingkat perkembangan bahasa anak di taman kanak kanak Asoka kota Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pengembangan bahasa anak melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan terlaksana dalam kegiatan pembelajaran disetiap sentra pembelajaran, (2)Perkembangan bahasa anak mencakup aspek bahasa anak yaitu, menyimak, berbicara, membaca dan menulis untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak, perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun mengarah kepada Berkembang Sangat Baik, dan untuk anak usia 4-5 tahun mengarah kepada Berkembang Sesuai Harapan, (3)Terdapat hubungan pendekatan saintifik dengan perkembangan bahasa anak, dengan pendekatan saintifik memunculkan motivasi anak untuk belajar melalui bermain. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-07

Issue

Section

Articles