PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM LELANG PROYEK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DI PULAU SEMBILAN KABUPATEN SINJAI

Authors

  • Muhammad Takdir Program Studi Ilmu Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin
  • Hafied Cangara Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
  • Rhiza S. Sadjad Dosen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5325

Keywords:

Kata Kunci, Transparansi, Open Government, Open Data

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan lelang PLTS di Sinjai telah berlangsung sejak tahun 2013 dan telah memberikan banyak pertanyaan tentang penggunaan media online dalam prosesnya terutama dengan adanya lelang berulang kali bahkan kasusnya sampai ke ranah hukum. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media online serta transparansi dalam proses lelang PLTS di Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui interview, observasi dan dokumentasi. Informan dipilih secara purposive sampling sebanyak 23 orang. Data dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media online merupakan suatu bagian upaya untuk mewujudkan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang lebih efisien dan transparan sesuai visi dan misi Kabupaten Sinjai, walau belum sepenuhnya bias mendukung open government dan open data. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan infrastruktur seperti ruangan khusus untuk server, gangguan koneksi internet yang sering terjadi, serta sistem yang digunakan sepenuhnya belum bisa memberikan informasi secara mendetail tentang proses lelang yang dilakukan. Untuk itu penelitian ini menyarankan agar tempat untuk server ditata dengan baik dari aspek keamanan dan aksesibilitas, meminimalisasi gangguan jaringan, dan terus mengupdate sistem lelang secara online sehingga penentuan pemenang lelang selanjutnya lebih terbuka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar A.N. (2003). Teknologi Komunikasi Perspektif Ilmu Komunikasi. LESFI. Yogyakarta . Bahfiarti. (2012). Buku Ajar Dasar-Dasar Teori Komunikasi, Makassar, Universitas Hasanuddin Cangara. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. P.T. RajaGrafindo Persada, Jakarta Creeber G. & Martin R. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media, Berkshire-England: Open University Press. Donohew L. & Tipton L. (1973). A Conceptual Model Information

Seeking, Avoiding and Processing, New Holder for Communication Research. Sage Publication London Effendi O.U. (2005). Komunikasi dan Modernisasi, Mandar Maju : Bandung Lievrouw L. A. & Livingstone. (2006). Handbook of New Media. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: Sage Publications Ltd Mardiasmo. (2004). Perwujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik : Suatu Sarana Good Governance. Andi Yogyakarta McQuail D. & Karen S. (1998). Media Policy: convergence, concentration and commerce. Sage, London Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung. Syamsuddin. (2014). Kadis ESDM Sinjai Ditahan, Tindakan Kejari di Pertanyakan. Diakses 20 Juni 2016. Available from: http://rakyatsulsel.com/kadis-esdmsinjai-ditahan-tindakan-kejari-dipertanyakan.html

Downloads

Published

2017-12-25

Issue

Section

Articles