POLA PERILAKU KOMUNIKASI MASYARAKAT DI KAWASAN ADAT AMMATOA KAJANG

Authors

  • Eva Rahmayani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Nadjib Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Kahar Kahar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5339

Keywords:

Kata Kunci, Perilaku Komunikasi, Masyarakat, Kawasan Adat Ammatoa, Kajang

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui Pola perilaku komunikasi masyarakat di Kawasan Adat Ammatoa Kajang; (2) untuk mengetahui sarana yang digunakan oleh masyarakat di Kawasan Adat Ammatoa dalam berkomunikasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kawasan Adat Ammatoa, Kajang. Informan penelitian ini adalah pemimpin adat, dua pemangku adat dan salah satu masyarakat Kawasan Adat Ammatoa Kajang. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dan data sekundernya dikumpulkan melalui hasil studi pustaka yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola perilaku komunikasi masyarakat di Kawasan Adat Ammatoa Kajang terjadi secara verbal maupun nonverbal dengan sesama masyarakat serta dengan Tuhan dan alam. Komunikasi verbal maupun nonverbal yang terjadi dalam masyarakat mencerminkan bagaimana mereka masih sangat menjaga kelestarian adat mereka dengan bahasa, cara berkomunikasi dan simbol-simbol yang mereka gunakan, serta hubungan komunikasi mereka dengan Tuhan dan Alam. Sarana komunikasi yang mereka gunakan juga menunjukkan bagaimana mereka begitu menghargai leluhur mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ahmad M, dkk. 2014.‘Ammatoa: Komunitas Tradisional Kajang di Tengah Transformasi Komunikasi dan Informasi’. Jurnal Komunikasi KAREBA. Vol. 3, No. 2 Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hijjang, Pawennari. 2005. 'Pasang dan Kepemimpinan Ammatoa: Memahami Kembali Sistem Kepemimpinan Tradisional Masyarakat Adat dalam Pengelolaan Sumberdaya Hutan di Kajang Sulawesi Selatan'. Jurnal Antropologi Indonesia. Vol. 29 No.3. Kriyantono, Rachmat. 2014. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Liliweri, Alo. 1994. Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ---------- & Jalaluddin Rahmat. 1993. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. 2012. Komunikasi AntarBudaya Di Era Budaya Siber. Jakarta: Kencana. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Syarifuddin. 2014. 'Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat Berbasis Dialek Budaya Lokal (Studi Kasus Proses Komunikasi Penunjang Pembangunan Berbasis Dialek Konjo pada Masyarakat di Tana Toa Kajang Kabupaten Bulukumba'. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol. 18 No. 2:247-257.

Downloads

Published

2017-12-25

Issue

Section

Articles