Twitter Presiden dan Representasi Kebijakan Pemerintahan Indonesia - Analisis Isi Twitter Presiden Jokowi

Authors

  • Nurul Ichsani Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Andi Subhan Amir Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Ainun Jariyah Yusuf Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kareba.v7i1.5479

Keywords:

Twitter, kebijakan pemerintah, Presiden Jokowi

Abstract

Sebanyak 8.716.605 pengikut pada platform Twitter, Presiden Jokowi tidak hanya berinteraksi dengan para pengikutnya tetapi juga mengendalikan isu yang ingin dikembangkan. Oleh karena itu, twitter Presiden Jokowi dapat digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi arah kebijakan pemerintahan Indonesia di bawah kendali Presiden Jokowi. Artikel ini bertujuan untuk mengidentikfikasi kebijakan pemerintah selama tahun 2016 yang paling banyak ditweet. 386 tweet Presiden Jokowi dikumpulan melalui Twitonomy dan dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Hasil kajian menunjukkan terdapat 28 bidang kebijakan yang ditweet oleh Presiden Jokowi. Selain itu, juga ditunjukkan bahwa urusan luar negeri, sosial, serta pertahanan dan keamanan adalah bidang kebijakan yang paling banyak ditweet selama tahun 2016.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Kılıc, Turkish general elections in the eyes of columnists via Twitter, Asian Politics and Policy, vol. 9, number 3, pp. 505-521. 2017. Wiley Periodicals.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Ichsani, Nurul and Subhan Amir. 2017. Twitter of Jokowi: Analyzing President’s Social Network. Proceeding of Unhas International Conference on Social and Political Science (UICOSP). Atlantis Press.

http://kpu.go.id/koleksigambar/VISI_MISI_Jokowi-JK.pdf accessed on 18 August 2017.

Downloads

Published

2019-01-04

Issue

Section

Articles