INTENSITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM MENGUKUR KEBERHASILAN PROGRAM PENDIDIKAN PAKET B DI DESA-DESA PESISIR KECAMATAN BELANG

Authors

  • Nolvy Ruata Ilmu Komunikasi Fisip Unhas
  • Muhammad Nadjib Ilmu Komunikasi Fisip Unhas

Keywords:

Communication intensity, learning result

Abstract

Abstract

The research aimed to investigate the communication intensity, learning result, and the relationship between the communication intensity and learning result in the Packet B education program at the coastal villages, Belang district, South East Minahasa regency. Samples investigated in the research were the students of Packet B education program of academic year 201212013. Method used in the research was the quantitative descriptive. The research result indicates that there is the relations'hip between the communication intensity and learning result. The result of the simple linear regression analysis indicates the R Square value of 0.433. This indicates that the variation of the independent variable of the communication intensity gives the contribution as much as 43.3% on the dependent variable of the learning result.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui intensitas komunikasi dan hasil pembejaran serta hubungan antara intensitas komunikasi dan hasil pembelajaran pada program pendidikan paket B di desa-desa pesisir Kecamatan Belang kabupaten Minahasa Tenggara. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, Sampel penelitian ini adalah siswa program pendidikan paket B tahun ajaran 2012-2013. Hasil penelitian menuniukkan bahwa terdapat hubungan intensitas komunikasidan hasil pembelajaran. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai R Square sebesar 0,433. Hal ini menunjukkan bahwa variasi variabel bebas intensitas komunikasi memberikan kontribusi sebesar 43,3% terhadap variabel terikat hasil pembelajaran. 

References

Arsyad Azhar. (2011). Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta : Bandung.

Depdiknas. (2008). Acuan Proses Pelaksanaan Dan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, B dan C. Jakarta : Direktorat pendidikan kesetaraan, Ditjen PNF dan Informal.

Hamalik Oemar. (1991). Evaluasi kurikulum. Bandung : Raja rosda karya. Kusumawati, Sri. (2011). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 2 Malang.

Miarso Y usufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:Prenada Media.

Rooijakkers, A.D.(2003). Mengajar dengan Sukses Petunjuk Merencanakan dan Menyampaikan pengajaran. Jakarta :

Grasindo.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Y ang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana.(1993). Metode dan teknik pembelajaran partisipatif dalam pendidikan luar sekolah. Bandung: Nusantara.

Sugiono. (2011). Statistika untuk penelitian.Bandung : Alfabeta.

Wahidmurni, dkk. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Y ogyakarta: Nuha Letera.

Whandi. (2007). Pengertian Belajar. http ://www.whandi. net/? pilih= news & aksi = lihat &id=41. Saturday, 25 May 2013.

Downloads

Published

2016-06-24

Issue

Section

Articles