PENGARUH STRATEGI TRANSAKTIONAL TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMAN 2 TINGGIMONCONG

Authors

  • Andi Rivai Beta Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia Timur, Makassar
  • Muhammad nadjib Ilmu Komunikasi Fisip Unhas

Keywords:

Transaktional Strategies, Creative Thinking, Communication Skills

Abstract

Abstract

Transactional strategies is the strategy used to overcome the low creative thinking and communication skills in English learning. The purpose of this study was to observe the effect of Transactional Strategies to creative thinking, and communication skills in English learning at student of class X.3 SMA 2 Tinggimoncong. The research was conducted at student of class X.3 SMA 2 Tinggimoncong. This type of research was Field Research, using experimental research methods with one sample t-test. The number of samples in this study were 30 students. were collected date through tests and questionnaires. Further samples were analyzed using t-test correlated and simple linear regression. The results showed significant differences in creative thinking of students by implementing Transactional Strategies with coefficient P-value of 0.000. This was evidenced by an increase in students' creative thinking by comparing the results of the mean pre-test and post-test is 1.68767. Furthermore, the amount of influence on creative thinking Transactional strategies students were Rsquare = 0.520 or 52.0%, the remaining 48% of students creative thinking influenced by other variables not examined. In addition, the results also showed a significant difference with the creative thinking of students applying Transakctional Strategyies coefficient P-value of 0.000. This is evidenced by the increase in the communication skills of students by comparing the results of the mean pre-test and post-test is 1.8333. The magnitude of the effect Transactional Strategies on communication skill students were Rsquare = 0.780 or 78.0%, the remaining 22%% of students think creatively influenced other variables not examined. Thus the application of this Transaktional strategy was effective in improving the ability of creative thinking and communication skills at student of class X.3 SMA 2 Tinggimoncong. 

Abstrak

Strategi Transaksional adalah strategi yang digunakan untuk mengatasi rendahnya berpikir kereatif dan keterampilan komunikasi pada pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Strategi Transaktional terhadap berpikir kereatif dan keterampilan komunikasi pada pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas X.3 SMA 2 Tinggimoncong. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X.3 SMA 2 Tinggimoncong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatakan metode penelitan eksperimental dengan one sample t-test. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui test dan kuesioner. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji sampel-t berkorelasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan Strategi Transaktional dengan koefisien P-value 0,000. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan berpikir kreatif siswa dengan membandingkan hasil rerata pre-test dan post-test yaitu 1,68767. Selanjutnya besaran pengaruh Strategi Transaktional terhadap berpikir kreatif siswa yaitu Rsquare = 0,520 atau 52,0%, selebihnya 48% berpikir kreatif siswa dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan perbedaan yang signifikan keterampilan komunikasi siswa dengan menerapkan Strategi Transaktional dengan koefisien P-value 0,000. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan komunikasi siswa dengan membandingkan hasil rerata pre-test dan post-test yaitu 1,8333. Besaran pengaruh Strategi Transaktional terhadap keterampikan komunikasi siswa yaitu Rsquare = 0,780 atau 78,0%, selebihnya 22%% berpikir kreatif siswa dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian penerapan Strategi Transaktional ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi pada siswa kelas X.3 SMAN 2 Tinggimoncong. 

References

Awwaliyati D. (2012). Efektivitas Model Reciprocal Teaching pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Peserta Didik SMP Materi Pokok Bangun Datar (Thesis). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Klingner J. (2007). Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties. London: The Guilfdord Press. Kuswara H.( 2011). Ngapain Kuliah Kalau Ngak Bisa Sukses. Jakarta: Mizan Mulyatiningsih E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Mulyasa. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah). Jakarta: Bumi Aksara.

Noriasih N. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Bacaan Ditinjau dari

konsep Diri Akademik Siswa. Diakses 26 Juni 2014. Available from http://pasca.undiksha.ac.id/e- journal/index.php/jurnal_bahasa/ article/view/356.

Oentoro B. J. (2010). Indonesia Satu, Indonesia Beda, Indonesia Bisa. Jakarta: Gramedia.

Sarwinda W. (2012). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Strategu Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Biologi SMA (Thesis). Malang: Universitas Negeri Malang.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Wichadee S. (2012). Using Transcational Strategies to Improve English Reading Comprehension and Summary Writing Abilities of Students in English for Art and Design Course. Journal of Applied Sciences, 12 (22): 2326-2331.

Downloads

Published

2016-06-24

Issue

Section

Articles