PENGARUH SISTEM INFORMASI LAYANAN SIRKULASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA UPT PERPUSTAKAAN STAIN SAMARINDA

Authors

  • Andi Muhammad Rajanuddin Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan, STAIN Samarinda.
  • Muhammad Nadjib Ilmu Komunikasi Fisip Unhas

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v3i3.584

Keywords:

quality of information systems, student satisfaction, library

Abstract

Abstract Circulation Services Information System is a system that can affect student satisfaction in using the library. This study aim to determine the effect of quality of circulation services information system (reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangibles) to the level of student satisfaction in Samarinda STAIN Library Unit 2014. The research design used quantitative research approach. The number of samples in this study were 93 students enrolled as library members elected cluster sampling. Data was collected using a questionnaire. Then analyzed by multiple regression analysis. The results obtained show that the reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangibles together have Rsquare of 0.628 with significant level 95%. It showed that student satisfaction using service information circulation systems at UPT library STAIN Samarinda 62.8% influenced by the dimensions of reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangibles and 37.2% influenced by other variables not examined. Dimensions most directly affect student satisfaction at UPT STAIN Samarindar library is the dimension of empathy with the Standardized Beta Coefficients of 0.270 or 27%. Furthermore, the dimensions of the smallest influence on student satisfaction at UPT STAIN library using the library was the dimension of the assurance by the Standardized Beta Coefficients of 0.99 or 9.9% The results obtained it can be concluded that the effect of quality of service information circulation system to student satisfaction significant UPT STAIN Samarinta, except assurance dimension. Abstrak Sistem Informasi layanan sirkulasi adalah sebuah sistem yang dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa dalam menggunakan perpustakaan, namun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem informasi layanan sirkulasi (kehandalan, daya tangap, jaminan, empati dan bukti fisik) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di UPT Perpustakaan STAIN Samarinda tahun 2014. Desain penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 93 mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota perpustakaan yang dipilih secara cluster sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Selanjutnya dianalisis dengan munggunakan analisis regresi ganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kehandalan, daya tangap, jaminan, empati dan bukti fisik secara bersama-sama memiliki Rsquare sebesar 0,628 dengan taraf signifikant 95%. Ini menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa menggunakan sistem informasi layanan sirkulasi pada UPT perpustakaan STAIN Samarinda 62,8% dipengaruhi oleh dimensi kehandalan, daya tangap, jaminan, empati dan bukti fisik serta 37,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dimensi yang paling berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan mahasiswa pada UPT perpustakaan STAIN dalam menggunakan perpustakaan adalah dimensi empati dengan Standardized Coefficients Beta sebesar 0.270 atau 27%. Selanjutnya dimensi yang paling kecil pengaruhnya terhadap kepuasan mahasiswa pada UPT perpustakaan STAIN dalam menggunakan perpustakaan adalah dimensi jaminan dengan Standardized Coefficients Beta sebesar 0.99 atau 9,9% Dengan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan pengaruh kualitas sistem informasi layanan sirkulasi memiliki pengaruh yang signifikant terhadap kepuasan mahasiswa di UPT STAIN Samarinta, terkecuali dimensi jaminan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin B. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: kencana Prenada Media Grup.

Katsirikou A. & Skiadas S.H. (2010). Qualitative and Quantitative Methods in Library. Singapure: World Sientific Publising.

Mahmun M. T. (2010). Otomasi Perpustakaan (Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Kendalanya) Diakses 15 Januari 2013. Available From: URL:http://baa.univpgri-Palembang- ac.id/penelitian_otomasi%20.perpusta kaan.pdf.html.

Nadjib. M. (2012). Proposal Otomasi Perpusatakaan: Penataan Ulang Jaringan LAN dan Instalasi Softwere Khusus Perpustakaan. Makassar: UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin

Ppini. (2008). Jati Diri Notaris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Samosir. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU. Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 1:28-36.

Simangunsong V . (2009) Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan

Terhadap Kepuasan Pengguna pada Perpustakaan Universitas Negeri Medan (Skripsi). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sulaemah R. (2011) Pengaruh Manajemen Perpustakaan Dengan Sistem Otomasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa : Studi di Perpustakaan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang (Skripsi). Semarang: IAIN Walisongo.

West & Turner. (2010). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Y ahya A. (2006). Menguasi Penyelidikan dalam Pendidikan. Kuala Lumpur: BS Print.

Downloads

Published

2016-06-24

Issue

Section

Articles