MASJID KAMPUS SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI AKTIVIS DAKWAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISW A

Authors

  • Qaharuddin Tahir Ilmu Komunikasi Fisip Unhas
  • Hafied Cangara Ilmu Komunikasi Fisip Unhas

Keywords:

activists, da’wah, mosques, media, communication, characters

Abstract

Abstract

Campus mosque has an important role in propaganda activities on campus, making it attractive for the research object. This aims of the research are to determine the influence of da’wah activities and the use of campus mosque as a medium of communication in the character building of students in the city of Makassar. and to observe how the characters of students built and suvervised through Da’wah activities conducted in campus mosques. This research employed a mixture of quantitative and qualitative methods. Data were collected with questionnaires, interviews, observation, and documentation and were analyzed with classification and then presented in frequency tables. The results of the research indicated that campus da’wah activities and the use of mosque as a communication media is simultaneously and significantly correlated to the change of students’ characters. Students’ characters built through campus mosques da’wah activities tend to be characters of worship, personal and social. thus the mosque is a vital communication medium in missionary activity. 

Abstrak

Masjid kampus mempunyai peranan penting dalam aktivitas dakwah di kampus, sehingga menarik untuk menjadi objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara aktivitas dakwah dan penggunaan masjid kampus sebagai media komunikasi terhadap pembentukan karakter mahasiswa dan bagaimana karakter mahasiswa yang dibentuk dan dibina melalui aktivitas dakwah yang menggunakan masjid kampus sebagai media komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mengorganisasikan data, yaitu menggabungkan kelompok data yang satu dengan yang lainnya sehingga data yang dianalisis berada dalam satu kesatuan dan disajikan dalam bentuk tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dakwah dan penggunaan masjid kampus sebagai media komunikasi berhubungan secara simultan dan signifikan terhadap pembentukan karakter mahasiswa dan karakter mahasiswa yang terbentuk melalui aktivitas dakwah yang menggunakan masjid sebagai media komunikasi berupa karakter pribadi, karakter ibadah dan karakter sosial. dengan demikian masjid adalah media komunikasi yang vital dalam aktivitas dakwah. 

References

Al-Ghazali. (1994). Ihya Uluddin Jilid 5. Semarang : CV. Asy. Syifa.

Bungin Burhan. (2011). Analisis Data Penelitian Kualitatif; Pemahaman Filosofis dan Metodologi ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Rajawali Press.

Bungin Burhan. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Rajawali Press.

Cangara Hafied. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Revisi).

Jakarta: Rajawali Pres.

Gazalba Sidi. (1994). Masjid Pusat Ibadah dan Kebudayaan Islam. Bandung. Pustaka Al-Husna Baru.

Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Y ogyakarta : Pelangi Aksara. Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistik. Bandung : Alfabeta

Salim Haitami. (2013). Masjid sebagai Tempat Pembinaan dan Kaderisasi Ummat. Pontianak : STAIN Pontianak

Shalih. (2011). Masjid dan Pengaruhnya dalam Dunia Pendidikan. Makkah:Universitas Al-Imam Muhammad Bin Su’ud Al- Islamiyah.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung : Alfabeta.

West Richard dan Turner Lynn H. (2010). Pengantar Teori Komunikasi; Analisis dan Aplikasi Edisi 3 Buku 2 (Penj. Maria Natalia Damayanti Maer). Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2016-06-24

Issue

Section

Articles