SIKAP DAN PERILAKU REMAJA PEREMPUAN DALAM AJANG GAUL MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK THE ATTITUDE AND BEHAVIOR OF GIRL ADOLESCENT IN SOCIAL MEDIA FACEBOOK
Keywords:
Attitudes and Behavior, Women Adolescent, Social Media, FacebookAbstract
Abstract
This research is motivated by the existence of facebook which is a medium of information and communication that influence changes in behavior and attitudes among adolescents. The aims of the research are to acknowledge whether the change of attitude is consistent to the change of behavior and to acknowledge the factors which affect the attitude and behavior of social interaction of girl adolescent in the utilization of the facebook as social media. The research method is a descriptive qualitative method. The research is located in Makassar, South Sulawesi. With 50 respondents of facebook users. The data were collected through observation and interviews. The results of the research indicated that the facebook users are introducted to facebook through friends, relatives and families. Besides facebook, the girl adolescents also use other social media such as path, instagram, line, twitter, wechat, skype, and kakaotalk which are connected to facebook. Ideas inspiring the respondents to update status in facebook are wise words, jokes, ridicules, longing, political information, or activities conducted at the time. Like status is expressed by facebook user to communicate with friends, to inform about interesting places, pictures, film information and jokes. Informers spend their time approximately 3 to 5 hours on facebook in a day. Features frequently used by facebook users are chatting, skype or video call, games, picture upload, sending file, or merely looking at logs or new information.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan facebook yang merupakan media informasi dan komunikasi yang memengaruhi perubahan perilaku dan sikap dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan sikap konsisten dengan perubahan perilaku dan faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan perilaku ajang gaul di kalangan remaja perempuan akibat pemanfaatan media sosial facebook. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah informan 50 orang yang kesemuanya merupakan pengguna facebook. Pengumpulan data ditempuh melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan mendapatkan informasi tentang pengenalan facebook melalui teman, kerabat, dan saudara. Selain facebook, media sosial lain yang digunakan oleh informan adalah path, instagram, line, twitter, wechat, skype, dan kakaotalk yang biasa terkoneksi langsung dengan facebook. Ide-ide yang menginspirasi informan dalam membuat status atau pembaruan status, yaitu kata-kata bijak, lelucon, kata-kata alay, keksalan terhadap sesuatu, kerinduan, informai politik, atau kegiatan yang dilakukan pada saat itu. Status like yang biasa informan like seperti curhatan teman, informasi tempat yang menarik, foto-foto, info film, dan lelucon. Informan menghabiskan waktunya dalam sehari memakai facebook selama 3-5 jam/hari. Fitur-fitur yang informan gunakan adalah chatting, skype, atau video call, game, upload foto, kirim file, atau hanya sekedar melihat beranda atau informasi terbaru.
References
Arikunto S.(2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin B. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Cangara H. (2011). Komunikasi Politik; Konsep, Teori, dan Strategi. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Morrisan. (2013). Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nasution. (2014).Media Baru. Jakarta: goblogmedia
Putra.(2009). Welcome to the Republic of the Facebook!. Jakarta: asia.cnet
Sahana, (2008). Facebook Indonesia Outpaces Southeast Asian Counterparts in 2008.Jakarta: Insideface.
Susanto. (2013). Facebook di Indonesia. Jakarta : Merdeka
Sunarto, (2003). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.
Winarto.(2012). Meneropong Media Sosial di Indonesia. Jakarta: Merdeka.