STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA PADA POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF MAKASSAR
Keywords:
Promotion Strategy, Increased students’ numberAbstract
Abstract
Currently, the competition betwen state universities and private universities in recruiting students is getting harder. The aim of the study is to analyze is the promotion strategy with mixed mothod. The subject of the promotion team and 53 persons new student of PolyMedia Creative Polytechnic of Makassar. then analyzed with triangulasi data and regression techniques. The result of the study indicated that campaign strategy conducted by the Creative Media State Polytechnic of Makassar are Advertising, Personal Selling, Publicity, and Word of Mouth. Partially, Advertising promotion strategy is the most influential variable (34,4%), while Publicity has the least (19,3) effect. Advertising, Personal Selling, Publicity, and Word of Mouth simultaneously have significant effect (65,6%) in increasing the students number. The remaining 34,4% is influenced by other variables not examined. Inhibiting factors are insufficient funds, no humas resources from communication field of studies, and less communication among employees.
Abstrak
Saat ini, persaingan perguruan tinggi baik negeri (PTN) dan swasta (PTS) di Indonesia dalam memperebutkan mahasiswa cukup berat. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi promosi, efektifitas, dan faktor penghambat promosi dengan menggunakan metode campuran (mixed methode). Subyek dalam penelitian ini terdiri dari tim promosi dan calon mahasiswa baru Polimedia Kreatif Makassar sebanyak 53 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data dan tehnik uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar adalah Iklan, Personal Selling, Publisitas, dan Word of Mouth. Iklan secara parsial adalah variabel yang paling berpengaruh (34,4%) sedangkan variabel yang paling sedikit pengaruhnya adalah Publisitas (19,3%). Variabel Iklan, Personal Selling, Publisitas, dan Word of Mouth secara serempak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa sebesar 65,6 % sedangkan sisanya 34,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Faktor penghambat kegiatan promosi selama ini adalah Dana promosi yang kurang cukup, tidak dimilikinya sumber daya manusia dalam bidang ilmu komunikasi , serta komunikasi interpersonal yang kurang haromonis antar sesama pegawai.
References
Aliyah Ning. (2010). Strategi Promosi Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Periode 2009-2010. (Jurnal Online), http:// http://digilib.uin-suka.ac.id
Bungin Burhan. ( 2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kencana Prenada Media Group.
Cangara Hafied. (2013). Perencanaan dan strategi komunikasi, Rajawali Pers, 2013
Frisbee et al .(2000). Ray E. Abstract: Published: Athens, Georgia: American V ocational Education Research Association.
Gitosudarmo Indriyo.(2004). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, Penerbit Centre of Academic Publishing Service (CAPS).
Irawan (1990). Manajemen Pemasaran Modern.Liberty Yogyakarta
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: Penerbit Salemba Empat Jakarta.
Kriyantono Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Ristiyanti Prasetijo dan Ihalauw, Jhon J.O.I. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Swastha. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Sutabri Tata . (2007). artikel komersiliasi pendidikan tinggi , http:// www. wikimu.com/News/Print.aspx?id=2678
Tierab P. Fhebrian dan Mulawarman Enrico. (2009). Strategi Promosi Universitas Swasta dalam Menarik Minat Mahasiswa baru Jakarta STIMIK Bina Nusantara