PENGUNGKAPAN IDENTITAS DIRI MELALUI MEDIA SOSIAL: STUDI MENGENAI ETNOGRAFI VIRTUAL MELALUI VLOG

Siti Nadila Tenri Ajeng Fitrya S, Andi Alimuddin Unde, Syamsuddin Azis

Abstract


This research aims (1) to find out how the vlogger discloses and shows her identity in relationship with her sosial life by audio visual in Youtube. (2) to find out the communication system of the vlogger with fansclub in interaction virtually by youtube. In this research, the writer used semiotic by Charles S. Pierce method and virtual ethnography, supported by self disclosure theory and social identity theory.The writer collected the data by screenshot  the Ricis vlog contents, screenshot the emoticon that used in youtube comment field, and observed  the fans activity from vlogger. This kinds of method are used by the writer to get information as much as possible.The result showed that Ricis disclose themselves effectively and openly. Ricis show her daily activities and her private self information in her vlog. The communication system of Ricis is really effective because the fans also give a feedback and the Ricis oftenly reply the comment in youtube, verbally or nonverbal.

Keyword : Selfdisclosure, Video Blog, YouTube, Self-Identity

 

ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana vlogger mengungkapkan dan menunjukan identitas dirinya dalam hubungan dengan kehidupan sosialnya secara audio visual di media sosial Youtube. (2) Untuk  mengetahui pola komunikasi vlogger dengan penggemar dalam berinteraksi secara virtual melalui media sosial di Youtube. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah semiotika Charles S.Pierce dan juga etnografi virtual. Didukung Teori pengungkapan diri dan Teori identitas Sosial. Penulis memformulasi tekhnik pengumpulan data dengan melakukan screenshot isi vlog Ricis, melakukan screenshot terhadap emotikon yang tersedia pada kolom komentar di Youtube, dan melakukan observasi atas aktifitas virtual dengan penggemar dari vlogger. Cara ini penulis lakukan untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin berdasarkan observasi yang bersifat partisipatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  Ricis mengungkapkan identitas dirinya dengan efektif dan terbuka. Karena Ricis  menunjukkan aktivitas sehari-harinya dan memberikan informasi pribadi dalam vlognya. Dalam pola komunikasi dengan  penggemar, Ricis melakukan secara efektif karena adanya timbal balik dari kedua belah pihak dan aktifnya Ricis dalam membalas komentar para penggemar di Youtube secara nonverbal maupun verbal.

 

Kata Kunci : Pengungkapan  Diri, Video Blog, YouTube, Identitas Diri



Keywords


Pengungkapan Diri; Video Blog; YouTube; Identitas Diri

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Castells, Manuel . 2011. The Rise of the Network Society: The information age: Economy, society, and culture.

Derlega, V. K & Berg .J.H 1987 . Self Disclosure. London : Plennum Press

Devito, A Joseph. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Edisi kelima. Tangerang: KARISMA Publishing Group.

Erikson, Erick, H. 1989. Identitas dan Siklus Hidup Manusia. Bunga Rampai Penerjemah : Agus Cremers. Jakarta PT. Gramedia.

Hine, Christine. 2000. Virtual Ethnography. London: SAGE Publications Ltd

Liliweri, A. (2007). Makna Budaya Dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Angkasa.

Mayfield. Antony E-book What is Social Media?. London: iCrossing. 2008

Nasrullah. Rulli, Teori dan Riset Media Siber , 2014, Jakarta, kencana prenadamedia group

Supratiknya, A. 1995. Komunikasi antar pribadi : tinjauan psikologis. Yogyakarta : Kanisius.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. 2009. Psikologi sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yudho, Hartono, dkk. 2013. Sosial media nation. Jakarta: Prasetya Mulia Publishing

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31947/kareba.v7i1.6167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi has been indexed in : 

   

 


Creative Commons License
 

View My Stats


____________________________________________________

KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
ISSN Print : 2088-4117ISSN Online : 2528-2891

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Makassar 90245
Telp/fax. (0411) 585024 SMS Gateway : +62811444874
Email: jurnalkarebakomunikasi@gmail.com