KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN STRATEGI KOMUNIKASI KAMPANYE PARA KANDIDAT DALAM PEREBUTAN KURSI LEGISLATIF DPRD KABUPATEN BARRU PERIODE 2014-2019
Keywords:
communication strategy, campaign, candidateAbstract
Abstract
The success of a legislative candidate in the general election is determined by good communication strategy. The aims of the research were to determine the campaign communication strategy done by candidatesof Legislative Assembly who succeeded and failed in winning the chairs of legislative assembly of Barru Regency, factors affecting the success, failure and the attitude of the candidates related to the results of election of legislative membersin July, 2014. Theresearch was a qualitative study.The subjects of the research consisted of 13 candidates. The data were obtained through interview and analyzed using data using data triangulation technique.The results of the research indicate that campaign strategies done by the candidates of legislative assembly who both succeed and fail are generally the same, i.e the appointment of campaigner, the use of campaignmedia, thearrangement of typical message, and the same target audience. The factors affecting success and failure of candidates are self- image, family network, campaign fund, the performance of the fellow candidates, and the delay of parties passing verification. There are still who are not satisfied with the result of election of legislative members., while those who fail are generally satisfied with the results obtained.
Abstrak
Keberhasilan seorang kandidat legislatif dalam pemilihan umum ditentukan oleh strategi komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi kampanye yang dilakukan oleh kandidat calon legislatif yang berhasil dan yang gagal dalam perebutan kursi legislatif DPRD Kabupaten Barru, Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan para kandidat, serta sikap para kandidat terkait hasil pemilihan legislatif pada tanggal 9 juli 2014 yang lalu, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.Subyek penelitian ini terdiri dari 13 orang caleg. Data dikumpulkan melalui wawancara dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye yang dilakukan calon legislatif yang berhasil maupun calon legislatif yang gagal umumnya sama yakni: penetapan juru kampanye, penggunaan media kampanye, penyusunan pesan yang khas, serta khalayak sasaran yang sama. Kemudian faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan para kandidat terdiri atas: Citra Diri, Jaringan Keluarga, , Dana Kampanye, Kinerja sesama caleg, dan Keterlambatan partai lolos verifikasi. Adapun sikap para kandidat terhadap hasil pemilihan legislatif adalah secara mengejutkan pihak yang berhasil masih ada yang belum puas, sementara pihak yang gagal umumnya puas dengan hasil yang diperoleh.
References
Anderson P .S.&Gerhard Glomm.(1992). Incumbency effects in political campaigns. Kluwer Academic Publisher: Netherlands.
Benoit, William L. (2007). Communications in political campaigns. Frontiers: New York.
Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi.PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Cangara, Hafied. (2014)Komunikasi Politik. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Carraro L.et all. (2010). The implicit and explicit effects of negative political campaigns. Jurnal Political Psychology. Vol.31 No. 4.
Firmanzah. 2008. Mengelola Partai Politik. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta
Harun Rochajat & Sumarno.(2006). Komunikasi Politik Sebagai Suatu
Pengantar.Mandar Maju: Bandung.
Kam Cindy D. (2006). Political Campaigns and Open-Minded Thinking. Jurnal of Politics. Vol.68, No. 4.
Lipsitz Keena. (2004). Democratic Theory and Political Campaigns. Jurnal of Political Philosophy. Vol.12, No. 2.
NardeyogaBrihan Aditya. (2015). Peran Elit Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Dalam Proses Politik Pemilihan Legislatif 2014 di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Politik Muda. Vol.4, No.1
Nurprojo Indaru Setyo. (2010). Komunikasi Politik Calon Legislatif di Pemilu 2009. Acta diurnA. Vol.6, No. 1.
Roumanias Costas. (2005). Signaling Through Political Campaigns. Jurnal of Economics & Politics. Vol.17, No. 3
Ruslan Rosady. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation.PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Sullivan David. (2002). Political Campaigns and Media. Jurnal of Communication. Vol.42, No.3.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum anggota DPR, DPD dan DPRD.
Utomo Paring Gentur. (2009). Komunikasi Politik Calon Legislatif Dalam Pemilihan Umum Anggota DPRD Kota Blitar. (Tesis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret