OPINI DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PEMBAHARUAN DAN KEPEMIMPINAN BUPATI NURDIN ABDULLAH DALAM MEMAJUKAN BANTAENG SEBAGAI KOTA INDUSTRI DAN WISATA
Keywords:
city and tourism industry, hard work, imagingAbstract
Abstract
Public’s opinions are very important for democratic social life. Leader’s success can be found by the opinions that made by public. This study aims to find out the opinions and attitudes towards innovation and leadership in advancing the Regent Nurdin Abdullah Bantaeng as industrial cities and attractions, as well as the factors that influence the opinion. This study used a qualitative descriptive approach with the study subjects consisted of 38 people Bantaeng people who come from different backgrounds. Data were collected through direct observation and interview. then analyzed the data using triangulation techniques. The results showed that all informants that is the subject of this study support program Bantaeng advance as an industrial city and sightseeing. This is one solution to improve the original income Bantaeng oriented to the improvement of public welfare. In addition, factors that affect the leadership of Nurdin Abdullah is hard work fruitful achievements, and contribution of the media in shaping the image Bantaeng.
Abstrak
Opini publik sangat penting bagi kehidupan masyarakat yang demokratis. Keberhasilan seorang pemimpin dapat diketahui dari opini publik yang terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini dan sikap masyarakat terhadap pembaharuan dan kepemimpinan Bupati Nurdin Abdullah dalam memajukan Bantaeng sebagai kota industri dan wisata, serta faktor yang mempengaruhi opini tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian terdiri dari 38 orang masyarakat Kabupaten Bantaeng yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam. selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh informan yang menjadi subjek penelitian ini mendukung program memajukan Kabupaten Bantaeng sebagai kota industri dan wisata. Hal ini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bantaeng yang berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu faktor yang mempengaruhi kepemimpinan Nurdin Abdullah adalah kerja keras yang berbuah prestasi, dan kontribusi media dalam membentuk citra Kabupaten Bantaeng.
References
Achmadi, M. & Agie, R. M. W. 2010. Analisis Sikap dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembentukan Desa Wisata. Perhotelan, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti : Jakarta.
Adiputra, I., Hendarso & Adriza. 2004. Metode Penelitian Bidang Sosial & Bisnis. Yayasan Gayatri : Jakarta.
Asropi. 2008. Budaya Inovasi dan Reformasi Birokrasi. Jurnal Ilmu Administrasi, V (3): 246-255.
Azwar, S. (2010). Sikap Manusia teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar: Y ogyakarta.
Cangara, H. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Darmanto, Aisyah, S., Istianda, M. & Karyana, A. 2003. Studi Eksploratif Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ciganjur. Universitas Terbuka: Jakarta.
Rabitta. 2013. Kedekatan Emosi Yang Dijalin Sepenuh Hati Akan Menjadikan Jembatan Kesuksesasn Seorang Pemimpin.
Sudjadi, F. A., Pantow, J. & Koagouw, F. V. I. A. 2014. Peranan Televisi dalam Pembentukan Opini pada Masyarakat Lingkungan Kelurahan Tosuraya Selatan Kecamatan Ratahan. Jurnal Acta Diurna, III(3).
Wardhani,A.C.2013.Komunikasi Pemerintahan Daerah Berbasis Kearifan Lokal. Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal [Online].