SEMIOTIKA IKON PEREMPUAN PADA IKLAN MOBIL DALAM MAJALAH OTOMOTIF AUTOEXPERT
Keywords:
ideology, gender, meaning denotation and connotation, mythAbstract
Abstract
This study aims to Examine in depth about the representation of women on car advertising in automotive magazines autoexpert, describe the overall meaning of the icons in the magazine Automotive Women Autoexpert, by identifying the signs contained in the ads. describe the mythical ideology on car advertising in automotive magazines autoexpert. The method used in this study is a qualitative method using semiotic analysis of Roland Barthes. This method is used because researchers wanted to know about the phenomenon of the meaning of the icons Woman in car advertising in automotive magazine autoexpert in depth, using technical documentation, the data literatus and interviews to some semiotic experts. The results showed that the representation of women in the car ads in magazines automotive autoexpert women tend to represent the theme and the way that gender bias. Women's bodies are exploited for commercial purposes in the advertising industry. Inside are denotative and connotative meaning, which in turn generates Beauty Myth, The Beauty Myth and Myth of Sexuality. Ideology is awakened in the car ads on automotive magazine autoexpert that gender ideology, ideology is the ideology of consumerism and capitalism.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji secara mendalam mengenai representasi perempuan pada iklan mobil dalam majalah otomotif autoexpert , menggambarkan secara keseluruhan mengenai makna Ikon Perempuan di majalah Otomotif Autoexpert, dengan mengidentifikasikan tanda-tanda yang terdapat dalam iklan-iklan tersebut. mendeskripsikan mitos Ideologi pada iklan mobil dalam majalah otomotif autoexpert . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Metode ini digunakan karena peneliti ingin mengetahui tentang fenomena pemaknaan mengenai Ikon Perempuan dalam iklan mobil di majalah otomotif autoexpert secara mendalam, dengan menggunakan teknik dokumentasi, data literatus dan wawancara kepada beberapa pakar semiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Representasi perempuan dalam iklan mobil di majalah otomotif autoexpert cenderung merepresentasikan perempuan dengan tema dan cara yang bias gender. Tubuh perempuan dieksploitasi untuk kepentingan komersial dalam industri periklanan. Di dalamnya terdapat makna Denotatif dan Makna Konotatif, yang selanjutnya menghasilkan Mitos Kecantikan, Mitos Keindahan dan Mitos Seksualitas. Ideologi yang terbangun dalam iklan mobil pada majalah otomotif autoexpert yaitu Ideologi gender, Ideologi konsumerisme dan ideologi kapitalisme.
References
Fakih, Mansour. 2006. Analisis Gender & Transformasi Sosial.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Hartley, John. 2010. Communication, Cultural, and Media Studies: Konsep Kunci, Alih Bahasa: Kartika Wijayanti. Jalasutra: Yogyakarta
Hoed, Benny H. 2014. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Komunitas Bambu: Depok
Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan Dalam Iklan. Ombak: Yogyakarta
Kasali, Renald. 2007. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti: Jakarta
Mc. Quail, Denis. 1994. Teori Komunikasi Massa, Terjemahan, Agus Dharma dan Aminuddin, Erlangga: Jakarta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Belajar: Yogyakarta
Schiffman, Leon, dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. PT Indeks: Jakarta
Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung
Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia: Bogor
Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. 2013.
Semiotika Komunikasi - Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Mitra Wacana Media: Jakarta