PENGARUH PENGGUNAAN BAURAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA ALAM DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Authors

  • Erna Areks Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pangkep
  • Muhammad nadjib Ilmu Komunikasi Fisip Unhas

Keywords:

promotion mix, tourist visits, natural tourist objects

Abstract

Abstract

This research aimed (1) to investigate the effects of the use of the promotion mix, which comprised advertising, sales promotion, event and experiences, public relations and publicity, direct marketing, interactive marketing, word of mouth marketing, and personal selling, on the level of the tourist visits to the natural tourist objects; (2) to determine which of the promotion mix were most dominant in affecting the level of the tourist visits to the tourist objects in Pangkep Regency. The research used the quantitative research. The samples were chosen using the accidental sampling technique, while the primary data were collected using the questionnaires distributed to 99 tourists visiting the natural tourist objects in Pangkep Regency. The collected data were then analyzed using the multiple linear regression analysis and the path analysis. The results of analysis revealed the promotion mix simultaneously had a significant effect of 25,2% on the level of the tourist visits to the natural tourist objects in Pangkep Regency, while partially, only advertising and word of mouth marketing which had a very significant effect on the level of the tourist visits to the natural tourist objects in Pangkep Regency. Finally, among the promotion mix, the word of mouth marketing had the highest effect on the tourist visits to the natural tourist objects in Pangkep Regency.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bauran promosi yang meliputi advertising, sales promotion, event and experiences, public relations and publicity, direct marketing, interactive marketing, word of mouth marketing, dan personal selling terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata alam di Kabupaten Pangkep dan unsur bauran promosi yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penyampelan dilakukan dengan teknik sampling aksidental. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 99 wisatawan yang berkunjung ke objek wisata alam di Kabupaten Pangkep. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis regresi linear berganda dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa bauran promosi secara simultan berpengaruh nyata (25,2%) terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata alam di Kabupaten Pangkep, sedangkan secara parsial hanya advertising dan word of mouth marketing yang berpengaruh nyata terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata alam di Kabupaten Pangkep. Unsur bauran promosi yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata alam di Kabupaten Pangkep, yakni word of mouth marketing. 

References

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV . Alfabeta : Bandung.

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi Kedua. Cetakan Ketigabelas. PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta.

______________. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta.

Effendy, Onong. 2004. Dinamika Komunikasi. PT.Remaja Rosdakarya : Bandung.

Godin, Seth. 2000. Unleashing the Ideavirus. Ebook Edition. Do You Zoom : New York. Hurriyati, Ratih. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta :

Bandung.

Irawan, Koko. 2010. Potensi Objek Wisata

Air Terjun Serdang Sebagai Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Labuhan Batu Utara. Kertas Karya. Program Pendidikan Non Gelar Pariwisata. Universitas Sumatera Utara.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Erlangga : Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 2. Erlangga : Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group : Jakarta.

Mulyana, Dedy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin, 2003, Komunikasi Massa. CESPUR : Malang.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT.Remaja Rosdakarya : Bandung.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi pemasaran. Edisi Ketiga. Andi offset : Yogyakarta.

West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. “Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika : Jakarta.

Wiryanto. 2000. Teori Komunikasi Mass. Grasindo : Jakarta.

._______. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.

Downloads

Published

2016-06-29