ANALISIS PERAN PUBLIC RELATIONS (PR) DALAM PENANGANAN OPINI DAN SIKAP KOMUNITAS SEKITAR TERHADAP PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. ENERGY SENGKANG DI KABUPATEN WAJO

Andi Rusmin, Andi Alimuddin Unde, Muhammad Iqbal Sultan

Abstract


Abstract

The success of a Corporate Social Responsibility (CSR) is program influenced by the role of Public Relations (PR) in carrying out its role both internally and ekxternal. The aims of the study were observe the surrounding public opinion and attitudes on corporate social responsibility (CSR) of PT. Energy Sengkang in community empowerment the role and function of the public relations (PR) of PT. Energy Sengkang on community empowerment program of Corporate Social Responsibility (CSR). The method used in this study, the qualitative approach. The object of this study PR PT. Energy stirrups, technical implementing CSR programs and community activities around the company from three villages in the district Pammana Wajo. Data were colleted trough obsevation, interviews and documentation and were analyzed with qualitative analysis. The results of the research indicated that PR of PT. Energy Sengkang had not implemented its CSR program effectively, characterized by the uneven data collected in some villages being studied. PT. Energy Sengkang was positively perceived by public opinion, mainly reated to the optimal, indicated by less-saticfaction of neigbor communities on the implementation of the CSR program, especially on budget transparency and community empowerment in improving local economy.

Abstrak

Keberhasilan program Corporate Social Responsibility (CSR) ditentukan oleh peran Public Relations (PR) dalam menjalankan perannya baik secara internal maupun ekxternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini dan sikap masyarakat komunitas sekitar terhadap program Corporate Social Responsibility PT. Energy Sengkang dalam pemberdayaan masyarakat dan peran dan fungsi Public Relations(PR) PT. Energy Sengkang terhadap pemberdayaan masyarakat dalam program CSR.Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini PR PT. Energy sengkang, pelaksana teknis kegiatan program CSR dan komunitas sekitar perusahaan dari tiga desa di Kecamatan Pammana Kabupaten wajo . Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan cheking, organizing, coding, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan CSR pada bagian PR PT. Energy Sengkang belum berjalan secara efektif. Hal ini ditandai dengan oleh pengumpulan data dan pelaksanaan kegiatan yang belum merata dibeberapa desa yang diteliti guna menampung aspirasi komunitas sekitar terkait dengan program CSR. Opini masyarakat terhadap program yang ditawarkan PT. Energy Sengkang sudah dirasakan positif, terutama yang terkait dengan program kesehatan. Namun, dari segi pemberdayaan masyarakat belum terlaksana secara optimal. Hal tersebut ditandai oleh sikap komunitas sekitar yang merasa kurang puas dengan pelaksanaan program CSR PT. Energy Sengkang, terutama pada keterbukaan anggaran kegiatan dan pemberdayaan komunitas sekitar dalam peningkatan ekonomi masyarakat. 


Keywords


Corporate Social Responsibility; Public Relations; Opinions andAttitudes

Full Text:

PDF

References


Butterick, Keith. 2014. Pengantar Public Relation Teori dan Praktik. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Cutlip et al.2006. Effective Public Relation. Edisi Sembilan. Pearson Education Inc: New York.

Dewi. 2007. Hubungan Antara Corporate Social Responsibility Lifebouy Berbagi Sehat Tahap Tiga Yang Dilaksanakan PT. Unilever Indonesia, Tbk. Makassar. Tesis. Universitas Hasanuddin : Makassar.

Effendy, Onong. 2006 Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi PT. Citra Aditya Bakti : Bandung.

Grunig, James E. & Hunt, Todd. 1984. Managing Public Relation. CBS College Publishing: New York.

Iriantara, Y osal. 2013. Community Relations Konsep dan Aplikasinya. Simbiosa Rekatama Media: Bandung.

Muhtar. 2015. Strategi Komunikasi Dalama Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility ( CSR) oleh Humas PT. Tonasa Terhadap Komunitas Lokal di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Tesis. Universitas Hasanuddin : Makassar.

Nimmo, Dan. 2005. Komunikasi Politik Komunikator, Pesan, dan Media. Pengantar Jalaluddin Rakmat. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Olii, Helena & Erlita, Novi. 2011, Opini Public. PT. Indeks:Jakarta.

Ruslan, Rosady. 2008. Kiat dan Strategi Kampanye public Relations.Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Urip, Sri. 2014. Strategi CSR Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Tangerang Selatan Lierati Imprint dari Penerbit Lentera Hati.

West Richard & H. Turner Lynn. 2008. Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 1. Salemba Humanika: Jakarta.

West Richard & H. Turner Lynn. 2010. Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 2. Salemba Humanika: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31947/kjik.v4i4.634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi has been indexed in : 

   

 


Creative Commons License
 

View My Stats


____________________________________________________

KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
ISSN Print : 2088-4117ISSN Online : 2528-2891

Jl. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea, Makassar 90245
Telp/fax. (0411) 585024 SMS Gateway : +62811444874
Email: jurnalkarebakomunikasi@gmail.com