PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BK TERHADAP TINGKAT KENAKALAN SISWA

Authors

  • Basril Bading Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hsanuddin
  • Andi Alimuddin Unde Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hsanuddin
  • mursalim Mursalim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hsanuddin

Keywords:

Keyword, Komunikasi Interpersonal, Prinsip-prinsip Komunikasi Interpersonal, Konseling

Abstract

ABSTRACT

 

The purpose of this research are : (1) To know the principles of guidance and counseling teacher  interpersonal communication on the level of delinquency students in junior high school 2 Enrekang, (2) To find out how the application of the principles of guidance and counseling teacher  interpersonal communication on the level of delinquency students in junior high school 2 Enrekang. The method used in this research is descriptive qualitative method. The results showed that, The Communication between counselor and counselee already contain the principles of interpersonal communication in it, but the application of the principles of interpersonal communication in the counseling process still needs to be improved. The reseacrh also found several obstacles in the counseling process. One of the obstacles is the lack of self-disclosure as a counselee to express his feelings or problems.

 

Keyword : Interpersonal communications, Principles of interpersonal communications, counseling

 

ABSTRAK

 

Tujuan dari penilitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui prinsip-prinsip komunikasi interpersonal guru Bimbingan Konseling terhadap tingkat kenakalan siswa SMP Negeri 2 Enrekang , (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip komunikasi interpersonal guru Bimbingan Konseling terhadap tingkat kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Enrekang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif  kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, komunikasi yang dilakukan oleh konselor kepada konselee sudah memuat prinsip-prinsip komunikasi interpersonal didalamnya, namun penerapan prinsip-prinsip komunikaksi interpersonal dalam proses konseling masih perlu untuk ditingkatkan. Penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan-hambatan dalam proses konseling, salah satu hambatan itu adalah masih kurangnya keterbukaan dari siswa selaku konselee untuk mengungkapkan perasaan-perasaan atau masalah-masalahnya

 

References

 

Devito, Joseph A.(1992). The Interpersonal Communication Book. 6th ed. New York: Karper Collins.

Hardjana., Agus M. (2007). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Myers, Gail E. (1988). The Dinamic of Human Comunication. A Laboratory Approach: 1988

Priyatno & Erman, A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Rakhmat., Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung : Rosdakarya

Rohim., Syaiful. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta : Rineka Cipta

Santrock., John W.  (2012). Life Span Development (Edisi ke-13, Jilid 1). Yogyakarta: Erlangga

Sapril. (2011). Komunikasi Interpersonal Pustakawan. Iqra :05-01

Timuthius, John Chris. (2012). Peranan Komunikasi Interpersonal Antara Guru Bimbingan Konseling Dengan Siswa Dalam Menangani Kenakalan Siswa. Skkripsi tidak Diterbitkan. Saalatiga: Fakultas ilmu sosial dan Ilmu politik, Universitas Kristen Satya Wacana

Winkel., W.S & Sri Hastuti. (2004). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi

Downloads

Published

2018-06-25

Issue

Section

Articles