ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI KOSPERMINDO DALAM MENGKAMPANYEKAN KONSUMSI RUMPUT LAUT PADA MASYARAKAT KOTA MAKASSAR
Keywords:
Kata Kunci, Kospermindo, Strategi Komunikasi, Rumput LautAbstract
ABSTRACT
Kospermindo stands for Cooperative Unions of independent Indonesia who is the institution that is engaged in the distribution and processing of seaweed. This research aims to know the Kospermindo strategy in support of consumption of seaweed and to know the factor endowments and abarrier for Kospermindo in running campaigns on seaweed consumption Society city of Makassar. This study uses qualitative methods are Purposive Sampling technique that uses by selecting informants based on terms that correspond to the research topic. Technique of data analysis is qualitative descriptive method, namely the reduction of data, display data, and verification or retrieval conclusion. The communication Strategy the results showed seaweed consumption campaign initiated by KOSPERMINDO to Makassar city has been implemented through several stages in accordance with the theory of communication strategies such as determine audiences, how to compose a message, set the method used as well as selecting the use of media delivered thoroughly through the print media and the mass media. In a communication strategy has been planned as activities encourage efforts increased consumption of seaweed with informative method of pursuing such activities as GEMARI (movement of eating Seaweed Indonesia Sehat Fibrous) and ISF (Indonesian Seaweed Forum) with the content of the message is the importance of consuming seaweed health benefits and because the solicitation pengelolahan seaweed independently for home consumption as well as industrial consumption.
Key words: Kospermindo, Commiunication Strategy, Seaweed
ABSTRAK
Kospermindo merupakan singkatan dari Koperasi Serikat Pekerja Merdeka Indonesia yang merupakan lembaga yang bergerak dalam pendistribusian dan pengolahan rumput laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Kospermindo dalam mengkampanyekan konsumsi rumput laut dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat bagi Kospermindo dalam menjalankan kampanye konsumsi rumput laut pada Masyarakat Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan teknik Purposive Sampling dengan memilih informan berdasarkan syarat yang sesuai dengan topik penelitian. Teknik analisis data adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Strategi komunikasi kampanye konsumsi rumput laut yang dicanangkan oleh KOSPERMINDO kepada masyarakat kota Makassar telah dilaksanakan melalui beberapa tahap sesuai dengan teori strategi komunikasi seperti menentukan khalayak, bagaimana menyusun pesan, menetapkan metode yang digunakan serta menyeleksi penggunaan media yang disampaikan secara menyeluruh melalui media cetak dan media massa. Dalam strategi komunikasi yang telah terencana seperti kegiatan mendorong upaya peningkatan konsumsi rumput laut dengan metode informatif dengan melaksakan kegiatan seperti GEMARI (Gerakan Makan Rumput Laut Indonesia Sehat Berserat) dan ISF (Indonesian Seaweed Forum) dengan kandungan pesan pentingnya mengkonsumsi rumput laut karena manfaat kesehatannya dan ajakan pengelolahan rumput laut secara mandiri untuk konsumsi rumahan maupun konsumsi industri.
References
Arifin A. (2014). Perspektif Ilmu Politik. Jakarta. Pustaka Indonesia.
Bungin B. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif, cetakan ke-5. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Cangara H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Cangara H. (2011). Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Effendi O U. 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Fleurence J. (2008). Seaweed proteins: Biochemical, nutritional aspects and potential uses. Trends Food Sci. Technol. 10: 25–28.
Jahari, A.B. dan Sumarno, I. 2002. Status gizi penduduk Indonesia. Majalah Pangan. 38 (11): 20–29.
McQuail D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga
Mulyana D. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Widjaja A. (2008). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta. Bumi Aksara