SINJAI TV PROTOTIPE TELEVISI DAERAH DALAM PENYEBARAN INFORMASI BERITA POLITIK DIKABUPATEN SINJAI
Keywords:
sinjai tv, kebijakan redaksi, penyebaran berita politikAbstract
Tayangan berita yang disajikan oleh stasiun televisi terkadang bernuansa politis dan dihadapkan pada banyak kendala dalam menjaga independensi editorialnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui penyebaran berita politik di Sinjai TV dan mengkategorisasi (1) penyajian berita politik redaksi Sinjai TV (2) posisi Sinjai TV dalam pertarungan kekuatan politik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sinjai, LPPL Sinjai TV dengan penentuan informan terdiri dari Pemerintah Kabupaten Sinjai, Redaksi Sinjai TV, diantara beberapa informan adalah Masyarakat Kelurahan Balang Nipa dan Masyarakat Kelurahan Biringere. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer atau data utama berupa hasil wawancara dengan informan dan data sekunder atau data pendukung berupa buku, disertasi, tesis, jurnal, artikel, dan internet. Informan terdiri atas enam belas orang. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara dengan para informan. Data analisis menggunakan beberapa teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahwa kebijakan redaksi Sinjai TV dalam proses penyajian berita politik lokal ditemukan adanya ketidak obyetifan informasi, dimana kebijakan redaksi dalam penyajian berita politik menggunakan jalur hirarki dalam menentukan keputusan penayangan berita dari penentu kebijakan, (2) posisi media Sinjai TV dalam pertarungan kekuatan politik terdapat kecendrungan berpihak kepada Pemerintah Daerah dalam mengankat popularitas melalui berita politik yang disiarkan.
Kata kunci : sinjai tv, kebijakan redaksi, penyebaran berita politik
References
DAFTAR PUSTAKA
Cangara H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Meadow (1980). Politics as communication.Norwood: Ablex Publisher
Hamad I. (2004). Konstruksi Realitas Politik dalam media Massa. Jakarta: Granit
John & Kareen A. (2009). Teori Komunikasi (theories of human communication) edisi 9. Salemba Humanika: Jakarta.
Muhtadi dkk. (1999). Jurnalistik Pendekatan Teori dan Praktik. Jakarta: Logos.
McQuail. (1992). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: edisi ke-2 Erlangga.
Nimmo D. (2000). Komunikasi Politik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nur Hidayat D. (2005). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Garafindo Persada.
Unde A. (2014). Televisi & Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Subroto dkk. (1994) Produksi acara televisi. Yogyakarta: Duta Wacana Universty press.