MANAJEMEN PRODUKSI DAN PENYIARAN PROGRAM LOKAL TVRI STASIUN MALUKU DALAM MENDUKUNG AMBON SEBAGAI CITY OF MUSIC

Authors

  • Adi Nugraha Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
  • Andi Alimuddin Unde Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar

Keywords:

Manajemen Poduksi Siaran, program televisi, TVRI Malukul, Ambon City of music

Abstract

Televisi merupakan media audiovisual yang strategis dalam menyebarkan informasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) manajemen produksi dan (2) manajemen penyiaran TVRI Stasiun Maluku dalam mengemas program K lokalnya mendukung Ambon sebagai City of music serta (3) peran TVRI Stasiun Maluku dalam mendukung Ambon sebagai City of music. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di TVRI Stasiun Maluku Kota Ambon. Jenis Data yang digunakan adalah data Primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui proses observasi dan wawancara para informan, penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data sekunder diperoleh dari buku, tesis, jurnal, artikel dan internet. Hasil penelitian menunjukkan (1) Manajemen produksi TVRI Stasiun Maluku dalam membuat program acara telah sesuai dengan standar operasional prosedur strategi program, dimulai dari tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan produksi, tahapan penyiaran, tahapan pengawasan dan evaluasi (2) Manajemen penyiaran TVRI Stasiun Maluku sejauh ini telah memenuhi kriteria dalam sebuah manajemen penyiaran baik itu dari fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, dan fungsi pengawasan, hal itu sesuai dengan fungsi manajemen yang diterapkan oleh Morissan (3) TVRI Stasiun Maluku sebagai media informasi dan hiburan cukup berperan dalam mengangkat program acara lokal yang mendukung Ambon City of music berupa informasi berita, dokumenter, dialog, event dan festival, serta program acara hiburan yang terkait dengan musik.

References

Arikunto S. (2009). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Effendy O. U. (2000). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti. Effendy O. U. (2005). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung : Rosdakarya. Griffin R. W. (2002). Manajemen. Jakarta : Erlangga. Haryati. (2013). Televisi Lokal dalam Representasi Identitas Budaya. Jurnal Observasi, Vol. 11(1). Bandung. Kuswandi W. (1996). Komunikasi Massa Sebuah Analisis Isi Media Massa Televisi. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Morissan & Wardhani C. A. (2010). Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Ghara Indonesia. Morissan. (2009). Manajemen Media Penyiaran. Jakarta : Kencana Prenada media group. Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Gravindo Persada. Subroto D. (1994). Produksi Acara Televisi. Yogyakarta : Duta Wacana University Press. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). cetakan ke – 20. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2019-12-30