ANALISIS SEMIOTIKA PESAN KAMPANYE POLITIK PADA MEDIA BALIHO PILPRES DAN WAPILPRES JOKOWI-JK 2014 DI KOTA MAKASSAR
Keywords:
Analisis Semiotika, Kampanye politik, Pemilihan Presiden, PesanAbstract
Latar belakang penelitian ini di karenakan dasawarsa media luar ruang mempunyai peran strategis dalam kehidupan politik berbangsa dan bertanah air. Media luar ruang juga berperan dalam menyalurkan dan menyebarkan informasi tentang peristiwa politik. Penelitian ini bertujuan menjelaskanpemetaan tanda yang terkandung pada media baliho dan menginterpretasikan pesan politik yang terkandung pada media baliho pilpres dan wapilpres Jokowi-JK 2014 di kota Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan analisis semiotika dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung baik berupa gambar siap olah maupun gambar yang telah di olah dari tim pemenangan kampanye Jokowi-JK di kota Makassar. Sedangkan data sekunder yaitu data yang dikumpulkan melalui dokumen-dokumen tertulis yang berkaitan dengan makna pesan kampanye Jokowi-JK. Data di analisis dengan metode kualitatif deskriptif, teori yang digunakan adalah teori perbedaan pendapat, teori informatif, teori persuasif dan teori propaganda. Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan pemetaan pada baliho pertama terdapat dua ikon, enam indeks dan tiga simbol, sedangkan pada baliho kedua terdapat dua ikon, enam indeks dan tiga simbol, baliho ketiga terdapat dua ikon, tujuh indeks dan tiga simbol, baliho keempat terdapat dua ikon, enam indeks dan dua symbol, baliho kelima terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol, pada baliho keenam terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol dan terkahir pada baliho ketujuh terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol. Sedangkan pada pada representasi pesan kampanye politik pada media baliho pilpres dan wapilpres 2014 adalah Jokowi-JK merupakan pemimpin transformasional dan melayani dengan memiliki beberapa karakter diantaranya seperti merakyat, amanah, sederhana, bijaksana, jujur dan bertanggung jawab. Adapun jenis pesan yang digunakan pada media baliho kampanye Jokowi-JK ini pada umumnya menggunakan jenis pesan yang bersifat propaganda.
References
Balai Pustaka. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Budiman, K. (1999). Kosa Semiotika. Yogyakarta: LKiS
Bungin, Burhan (2009). Penelititan Kualitatif.Jakarta: Kencana
Cangara, H. 2014. Komunikasi Politik. Edisi Revisi. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta
___________. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi Kedua. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta
Eco, U. 2009. Teori Semiotika. Kreasi Wacana: Yogyakarta
Effendy, Onong Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi. PT Mandar Maju: Bandung
Fiske, John. 1994. Introduction to Communication Studies. Routledge: London
Griffin E.M. 2003. A First Look Communication Theory. Mcgrawhill: New York
Kriyantono, R.(2006). Teknik Praktek Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Kompasiana. 2014. Presiden Jokowi Harapan Baru Indonesia. PT Elex Media Komputindo: Jakarta
Littlejohn, S.W. 2005. Theories of Human Communication. Wadsworth: California
____________. (Edisi 9) 2008. Teori Komunikasi.Terjemahan oleh Mohammad Yusuf Hamdan. 2009. Salemba Humanika: Jakarta
Mulyana, B. 2002. Ilmu Komunikasi suatu pengantar. PT Remaja Rosakarya: Bandung
Nugroho, B & Setia, M.Y.P. 2014. Jokowi People Power. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Noth, W. 1995. Handbook of Semiotics. Indiana University Press: Bloomingtoon
Noth, W. 2006. SEMIOTIKA. Airlangga University Press: Surabaya
Peirce, Charles Sanders, 1931-58. Collected Papers. Vols.1-6 ed. Hartshorne, Charles, and Weiss, Paul; vols.7-8 ed. Burks, Arthur W. Harvard Univ. Press: Cambridge
_________. 1977b. Semiotic and significs: The Correspondence between Charles Sanders Peirce and Victoria Ledy Welby, ed. Indiana Univ. Press: Hardwick, C.S. Bloomington
Pilang, Y. A. (Edisi 4). 2012. Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, dan Matinya Gaya. Matahari: Bandung
Rustan, S. 2011. Font & Tipografi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Rusmana, D. 2014. Filsafat Semiotika. CV Pustaka Setia: Bandung
Sanyoto, E.S. 2010. Nirmana. Edisi Kedua. Jalasutra: Yogyakarta
Santoso, R. 2003. Semiotika Sosial: Pandangan terhadap Bahasa. Eureka & JP Press: Surabaya
Severin, W.J dan Tankard, J.W.Jr. 2014. Teori Komunikasi: Sejarah,Metode,Terapan di dalam Media Massa. Edisi Kelima. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta
Simarmata, S. 2014. Media dan Politik. Sikap Pers terhadap Pemerintahan Koalisi di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia: Jakarta
Sobur, A. 2001/2002. Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
____________. 2013. Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Tinarbuko, S. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Edisi Revisi. Jalasutra: Yogyakarta
Umbas, M. 2014. Solusi Jokowi 1. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Wibowo, I.S.W. 2013. Semiotika Komunikasi. Edisi kedua. Mitra Wacana Media: Jakarta
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Grasindo: Jakarta
Wikipedia, 2015
Wulandari, R. 2014. Media Darling Ala Jokowi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Yuda, H.AR &Poltracking, Tim. 2014. Jejak Para PEMIMPIN. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta