ANALISIS SEMIOTIKA PESAN KAMPANYE POLITIK PADA MEDIA BALIHO PILPRES DAN WAPILPRES JOKOWI-JK 2014 DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Andry Priyadharmad <p align="center"><span style="font-size: 8.33333px;">J</span>urusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain,</p><p align="center">Universitas Negeri Makassar</p>
  • Moehammad Iqbal Sultan <p align="center">Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,</p>Universitas Hasanuddin, Makassar&nbsp;

Keywords:

Analisis Semiotika, Kampanye politik, Pemilihan Presiden, Pesan

Abstract

Latar belakang penelitian ini di karenakan dasawarsa media luar ruang mempunyai peran strategis dalam kehidupan politik berbangsa dan bertanah air. Media luar ruang juga berperan dalam menyalurkan dan menyebarkan informasi tentang peristiwa politik. Penelitian ini bertujuan menjelaskan

pemetaan tanda yang terkandung pada media baliho dan menginterpretasikan pesan politik yang terkandung pada media baliho pilpres dan wapilpres Jokowi-JK 2014 di kota Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan analisis semiotika dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung baik berupa gambar siap olah maupun gambar yang telah di olah dari tim pemenangan kampanye Jokowi-JK di kota Makassar. Sedangkan data sekunder yaitu data yang dikumpulkan melalui dokumen-dokumen tertulis yang berkaitan dengan makna pesan kampanye Jokowi-JK. Data di analisis dengan metode kualitatif deskriptif, teori yang digunakan adalah teori perbedaan pendapat, teori informatif, teori persuasif dan teori propaganda. Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan pemetaan pada baliho pertama terdapat dua ikon, enam indeks dan tiga simbol, sedangkan pada baliho kedua terdapat dua ikon, enam indeks dan tiga simbol, baliho ketiga terdapat dua ikon, tujuh indeks dan tiga simbol, baliho keempat terdapat dua ikon, enam indeks dan dua symbol, baliho kelima terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol, pada baliho keenam terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol dan terkahir pada baliho ketujuh terdapat dua ikon, enam indeks dan dua simbol. Sedangkan pada pada representasi pesan kampanye politik pada media baliho pilpres dan wapilpres 2014 adalah Jokowi-JK merupakan pemimpin transformasional dan melayani dengan memiliki beberapa karakter diantaranya seperti merakyat, amanah, sederhana, bijaksana, jujur dan bertanggung jawab. Adapun jenis pesan yang digunakan pada media baliho kampanye Jokowi-JK ini pada umumnya menggunakan jenis pesan yang bersifat propaganda.

                                                                                            

References

Balai Pustaka. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Budiman, K. (1999). Kosa Semiotika. Yogyakarta: LKiS

Bungin, Burhan (2009). Penelititan Kualitatif.Jakarta: Kencana

Cangara, H. 2014. Komunikasi Politik. Edisi Revisi. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta

___________. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi Kedua. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta

Eco, U. 2009. Teori Semiotika. Kreasi Wacana: Yogyakarta

Effendy, Onong Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi. PT Mandar Maju: Bandung

Fiske, John. 1994. Introduction to Communication Studies. Routledge: London

Griffin E.M. 2003. A First Look Communication Theory. Mcgrawhill: New York

Kriyantono, R.(2006). Teknik Praktek Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kompasiana. 2014. Presiden Jokowi Harapan Baru Indonesia. PT Elex Media Komputindo: Jakarta

Littlejohn, S.W. 2005. Theories of Human Communication. Wadsworth: California

____________. (Edisi 9) 2008. Teori Komunikasi.Terjemahan oleh Mohammad Yusuf Hamdan. 2009. Salemba Humanika: Jakarta

Mulyana, B. 2002. Ilmu Komunikasi suatu pengantar. PT Remaja Rosakarya: Bandung

Nugroho, B & Setia, M.Y.P. 2014. Jokowi People Power. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Noth, W. 1995. Handbook of Semiotics. Indiana University Press: Bloomingtoon

Noth, W. 2006. SEMIOTIKA. Airlangga University Press: Surabaya

Peirce, Charles Sanders, 1931-58. Collected Papers. Vols.1-6 ed. Hartshorne, Charles, and Weiss, Paul; vols.7-8 ed. Burks, Arthur W. Harvard Univ. Press: Cambridge

_________. 1977b. Semiotic and significs: The Correspondence between Charles Sanders Peirce and Victoria Ledy Welby, ed. Indiana Univ. Press: Hardwick, C.S. Bloomington

Pilang, Y. A. (Edisi 4). 2012. Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, dan Matinya Gaya. Matahari: Bandung

Rustan, S. 2011. Font & Tipografi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Rusmana, D. 2014. Filsafat Semiotika. CV Pustaka Setia: Bandung

Sanyoto, E.S. 2010. Nirmana. Edisi Kedua. Jalasutra: Yogyakarta

Santoso, R. 2003. Semiotika Sosial: Pandangan terhadap Bahasa. Eureka & JP Press: Surabaya

Severin, W.J dan Tankard, J.W.Jr. 2014. Teori Komunikasi: Sejarah,Metode,Terapan di dalam Media Massa. Edisi Kelima. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta

Simarmata, S. 2014. Media dan Politik. Sikap Pers terhadap Pemerintahan Koalisi di Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia: Jakarta

Sobur, A. 2001/2002. Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

____________. 2013. Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Tinarbuko, S. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Edisi Revisi. Jalasutra: Yogyakarta

Umbas, M. 2014. Solusi Jokowi 1. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Wibowo, I.S.W. 2013. Semiotika Komunikasi. Edisi kedua. Mitra Wacana Media: Jakarta

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Grasindo: Jakarta

Wikipedia, 2015

Wulandari, R. 2014. Media Darling Ala Jokowi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Yuda, H.AR &Poltracking, Tim. 2014. Jejak Para PEMIMPIN. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Downloads

Published

2019-12-30