PERILAKU KOMUNIKASI DAN KEPEMIMPINAN MANAJER JEPANG PADA PT. MARUKI INTERNASIONAL INDONESIA
Keywords:
Manager Jepang, Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal, Kepemimpinan Full RangeAbstract
Komunikasi antar budaya (Jepang dan Pribumi/Indonesia) dan kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang mendukung kemajuan suatau perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi dan gaya kepemimpinan manajer Jepang menurut pendapat para pekerja local/orang Indonesia. Penelitian ini bersikap deskripsi kualitatif. Informan penelitian ini sebanyak 11 orang, yakni 8 orang dari pihak Indonesia dan 3 orang dari pihak Jepang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif untuk orang Indonesia dan secara sampel jenuh untuk orang Jepang. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaksi oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku komunikasi verbal berupa tatap muka, meeting atau briefing, diskusi dan melalui telpon, sedangkan bahasa yang digunakan berupa bahasa Indonesia, bahasa Jepang dan bahasa Makassar. Adapun dalam komunikasi nonverbal dapat berupa parabahasa, bahasa tubuh (ekspresi wajah dan gestur) dan ruang gerak. Selain itu penerapan gaya kepemimpinan manajer Jepang ditinjau dengan menggunakan the full-range model of leadership. The full range model of leadership terbagi atas tiga gaya kepemimpinan yaitu kepemimpinan transformasional, kepemimpinan transaksional dan laissez faire. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah manajer Jepang dominan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional.References
Anugrah D. & Kresnowati W. (2008). Komunikasi Antar Budaya, Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Jala Permata
Bass, B.M & Ronald E.R. (2006) Transformational Ledaership Second Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher
Dahidi A. & Sudijianto. (2012). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc
Dahl S. (2006). Communication and Culture Transformation: Cultural Diversity, Globalization and Cultural Convergence. London: ECE.
Darwito. (2008). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan: Studi Pada RSUD Kota Semarang (Tesis). Semarang: Universitas Dipenogoro.
Dewi P. (2013). Gaya Komunikasi Pemimpin PT. Fition Yang Dipimpin Lebih Dari Satu Pemimpin. Jurnal E-Komunikasi Vol I.No.1. Surabaya: Univeristas Kristen Petra.
Kreitner, R. & Kinicki, A. (2010). Organizational Behaviour (9th ed.). NewYork: McGraw-Hill.
Kusherdyana. (2011). Pemahaman Lintas Budaya Jepang. Bandung: Alfabeta
Menon M. (2002). Perceptions of Pre-Service and In-Service Teachers Regarding The Effectiveness of Elementary School Leadership in Cyprus. International Journal of Educational Management, 18 (8): 91-97.
Miles M.B & Huberman M.A. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Muhammad A. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyana D. (2008). Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Puspitasari dkk. (2014). Analisis Gaya Kepemimpinan Ekspatriat: Studi Penelitian Pada PT. Haier Sales Indonesia, Jakarta Utara. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 8. No. 1. Malang: Universitas Brawijaya.
Rakhmat J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Su’ud. (2000). Persepsi Sosial Tentang Kredibilitas Pemimpin, Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen. Vol.3. No.1. Hal 51-65.
Thomas, D.C, & Inkson, K. (2006). Cultural intelegence. San Fransisco: Berret- Koehler.
Yooyanyong, P. & Muenjohn, N. (2010). Leadership styles of expatriate managers: A comparison between American and Japanese expatriates. Cambridge: The Journal of American Academy of Business, 15 (2), 161-167.