STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENYOSIALISASIKAN TATA CARA PERIZINAN USAHA DI BADAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL KOTA MAKASSAR

Authors

  • Ayu Pratiwi Natsir <p>Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar&nbsp;</p>
  • Mursalim Mursalim Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Makassar&nbsp;

DOI:

https://doi.org/10.31947/kareba.v8i1.8897

Keywords:

strategi komunikasi, izin usaha, publikasi

Abstract

Strategi Komunikasi Dalam Menyosialisasikan Tata Cara Perizinan di Badan Perizinan Terapdu dan Penanaman Modal Kota Makassar, (Studi Kasus Izin Usaha). Dibimbing oleh Moeh.Iqbal Sultan dan Mursalim.Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi dalam menyosialisasikan tata cara perizinan usaha pengurusan surat izin usaha yang diselenggarakan oleh Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang di lakukan bersifatdesksriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan darikejadian yang diteliti.Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian dibagi atas sembilan (9) dimensi yaitu manajemen dan penyelenggaranperizinan usaha publik,prosedur tata cara perizinan usaha, persyartan teknisdan administrasi usaha,perincian biaya tata cara perizinan usaha, jangkawaktu penyelesaian perizinan usaha, pejabat yang berwenang danbertanggung jawab, janji perizinan usaha, standar tata cara perizinan usahadan lokasi menyosialisasikan tata cara perizinan usaha.Hasil penelitian diBadan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Makassarmenunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam menyosialisasikan tata caraperizinan usaha pengurusan izin usaha di Kota Makassar yangdiselenggarakan oleh Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal belumsepenuhnya strategi dalam memberikan tata cara perizinan usaha kepadamasyarakat. Hal ini diliat dari perincian biaya perizinan usaha, waktupenyelesaian perizinan usaha dan janji tata cara perizinan usaha yang belumterpublikasikan dengan baik serta lokasi tata cara perizinan usaha yangkurang strategis tentunya akan berimbas pada proses penyelesaian surat izinusaha yang dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Faisal. 2009. Jalan Terjal Good Governance Prinsip, Konsep dan Tantangan dalam Negara Hukum. Makassar : Pukap-Indonesia Adnamazida, Rizky. 2013. Wiraswasta adalah Pekerja yang Paling Bahagia. (http://www.merdeka.com/gaya/wiraswasta-adalah-pekerja-paling-bahagia.html diakses pada Sabtu, 12 desember 2015 pukul 18.37 WITA) Annisa, A. Tri Desita Annisa. 2014. Analisis Transparansi Pengadaan Barang /Jasa Berbasis Elektronik di Kabupaten Pinrang. Arifin, Anwar. 1994. Strategi komunikasi, Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung : CV Armico. Aprrilianti, Yurik Aendah. 2014. Teori Disonansi Kognitif. (http://yurikaendah.wordpress.com/2014/01/09/teori-disonansi-kognitif/, diakses pada 8 Januari 2016 pukul 11.38 WITA) Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Data Reka Pitulasi Jumlah Izin Priode Tahun 2010-2014.Makassar.Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gajahmada University Press. Effendy, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi PT. Remaja Rosdakarya. Friantono, Racmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Jeddawi, Murtir. 2011. Negara Hukum, Good Governance dan Korupsi di Daerah. Yogyakarta : Total Media. Kriyantono, Racmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Moleong, Lexi J,Dr.M.A. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Syakriani dan Syahriani. 2009. Implementasi Otonomi Daerah dalam Perspektif Good Governance. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Waluyo. 2007. Manajemen Publik (Konsep, Aplikasi, dan Implementasinya dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah). Bandung CV. Mandar Maju Friantono, Racmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Laras. 2011 Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Kemitraan Pada Publik Eksternal PT. Telkom Yogyakarta. Skripsi Program Sarjana Ilmu Komunikasi Pada Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik-Unifersitas Atma Jaya Yogyakarta. Tidak Di Terbitkan. Makassar. Pemerintah kota. 2014. Pemkot Tahan Laju Urbanisasi. (http://www.makasarkota.go.id/berita-470-kesiapsiagaan-bencan -kota- makassar.html, diakses pada hari sabtu,12 Desember 2015 pukul 18.22 wita) Morissan. 2013. Teori Komunikasi. Ghalia Indonesia Cetakan pertama, Metode penelitian survei sofian Effendi Tukiran. Simanjuntak Bungaran Antonius. 2014 Metode Penelitian Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indinesia Sugiono 2014, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D Alfabeta. Surya grata, sumardin 2014 Metode penelitian sial. Jakarta : PT Raya Gravindo Persada. Wahyudi. 2013 Strategi komunikasi perwakilan BKKBN Propinsi kalimantan

Downloads

Published

2019-06-23