WORKHSOP KHATIB JUMAT DI DESA BONTOBUDDUNG KECAMATAN TOMPOBULU, KABUPATEN GOWA

Yusring Sanusi Baso, Andi Agussalim, Faridah Rahman, Najmuddin H. Abd Safa

Abstract


Masyarakat yang menjadi sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat desa Bontobuddung, Kec. Tompobulu yang diwakili oleh Badan Musyawarah Masjid Baitul Makmur Kegiatan ini dirancang untuk melatih 3-5 wakil tiap lingkungan di desa dan kelurahan ini untuk menjadi khatib Jumat. Workshop diagendakan dilaksanakan di Masjid Jami Baitul Makmur Desa Bontobuddung

Dalam kegiatan pengabdian ini, mitra yang telah terlibat yaitu Badan Musyawarah Masjid Baitul Makmur, desa Bontobuddung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa. Mitra kami telah menyiapkan 5 orang calon khatib yang mewakili lingkungan dalam desa Bontobuddung untuk dilatih pada kegiatan ini. Kontribusi mitra kami adalah menyiapkan calon peserta dan tempat workshop.

Kontribusi mendasar atau manfaat dari kegiatan ini adalah membantu menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menjalankan peran sebagai khatib Jumat, khususnya di desa Bontobuddung dan umumnya di kantor Kementerian Agama Kecamatan Tompobulu. Diharapkan dengan pelaksanaan workshop ini, kelangkaan khatib Jumat di Kecamatan Tompobulu, khususnya di desa Bontobuddung dapat diantisipasi.

Luaran berupa buku panduan khatib Jumat yang dilengkapi dengan hadis dan ayat Al-Quran yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Makassar serta minimal 50% peserta akan terdaftar sebagai khatib pada ibadah Jumat tahun 2019.


Keywords


Workshop Khatib; Panduan Khatib; Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khazanah Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.