PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang

Haeruddin Haeruddin

Abstract


Mitra yang akan menjadi khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah Guru Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanayya Kota Makassar. Masalah yang dihadapi Mitra adalah rendahnya minat siswa dalam belajar mata kuliah Bahasa Arab yang diebabkan oleh terbatasny/minimnya bahan ajar. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh tim PPMU-PKM Jurusan Sastra Asia Barat Unhas adalah dengan malaksanakan workshop Penyusunan bahan ajar berbasis multimedia bagi guru-guru di Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Tujuan pelaksanaan penelitian ini antara lain: (1) Meningkatkan kemampuan guru dalam mengoperasikan software yang biasa digunakan dalam menyusun bahan ajar, (2) meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, (3) meningkatkan jumlah bahan ajar, dan (4) meningkatkan mutu/kualitas pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah. Metode pelaksanaan kegiatan ini mencakup 3 tahap yaitu: (1) Tahap persiapan: dilakukan observasi awal untuk mengidentifikasi hal-hal pokok yang menjadi permasalahan mitra yang kemudian dibuatkan rencana program sebagai solusi, (2) tahap pelaksanaan: pada tahap ini semua planning yang telah disusun berdasarkan hasil komunikasi dan diskusi dengan mitra ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan pelatiha, dan (3) Tahap Evaluasi dan Pelaporan: pada tahap ini dilakukan proses evaluasi terhadap proses pelaksanaan program pelatihan yang didapatkan dari hasil diskusi dengan para guru yang menjadi peserta PMU-PKM


Keywords


bahan ajar, multimedia, IT

Full Text:

PDF

References


Tim Penyusun LP2M. 2016. Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin. Makassar: LP2M Unhas.

Depdiknas, Pengembangan Bahan Ajar, 2009, tersedia di http://www.scribd.com/doc diakses pada tanggal 24 Januari 2017.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (menciptakan metode pembelajaaran yang menarik dan menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 07 Tahun 2007, tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007, tentang Standar Proses, Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khazanah Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.