MAKSIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI WINDOWS DALAM PENERJEMAHAN AL-QUR’AN KE BAHASA BUGIS DI PESANTREN MODERN AL-JUNAIDIYAH BIRU KAB. BONE SULAWESI SELATAN

Andi Agussalim, Najmuddin H. Abd. Safa, Faridah Rahman, Haeriyyah Haeriyyah

Abstract


Mitra dari pengabdian ini adalah Pondok Pesantren al-Junaidiyah Biru Kab. Bone. Pada pesantren tersebut banyak kegiatan pengajaran dan dakwah dilakukan dengan pengantar bahasa Bugis, salah satu yang terkenal adalah penerjemahan al-Qur’an dalam bahasa Bugis. Sejauh ini, mitra dalam menulis dan menerjemahkan al-Qur’an berbahasa Bugis hanya dengan cara menulis tangan, cara tersebut sangat tidak efisien, apa lagi disaat sekarang ini telah banyak aplikasi hasil dari teknologi informasi yang bisa membantu hal tersebut.

Pengabdian ini bertujuan untuk memberika pelatihan kepada staf pengajar Pondok Pesantren al-Junaidiyah Biru dalam hal pemanfaatan teknologi informasi untuk menerjemahkan al-Qur’an ke bahasa Bugis, sehingga nantinya Pesantren tersebut dapat menghasilkan karya tulis dan buku berbahasa Bugis yang bisa membantu dalam pengajaran dan dakwah.

Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para guru dan staf telah mampu menggunakan karakter dan font lontarak dalam sistem operasi windows. Kegiatan workshop Maksimalisasi Penggunaan Aplikasi Windows  dalam Penerjemahan al-Qur’an ke bahasa Bugis di Pesantren Modern al-Junaidiyah Biru Kab. Bone Sulawesi Selatan juga telah di publikasikan pada media internet. Pengabdian ini juga menghasilkan artikel yang telah dikirim ke jurnal Nasional.

Keywords


Pesantren; Al-Qur’an Bugis; Bahasa Bugis

Full Text:

PDF

References


Profil Pesantren Modern al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone Tahun 2012

Yusmasi. 2012. Panduan Lengkap Microsoft word 2010. Bandung. Jasakom


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khazanah Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.