Penerapan Model-Model Pembelajaran Aktif MAN 2 Watampone

Mujadilah Nur, Sitti Wahidah Masnani, Muhammad Ridwan, Zuhriah Zuhriah, Haeriyyah Haeriyyah

Abstract


Pengabdian ini diikuti oleh para guru-guru yang ada di sekolah MAN 2 WATAMPONE Kab. Bone Prov. SulSel. Pengabdian ini terlaksana karena adanya masalah pada proses pembelajaran di sekolah tersebut diantaranya ialah (1) metode mengajar yang digunakan guru dalam kelas kurang bervariasi, (2)kurangnya persiapan guru dalam penyampaian materi yang berdampak pada gaya mengajar monoton, (3) guru menggunakan kata-kata yang menyulitkan peserta didik, dan (4) guru hanya menerangkan materi tanpa ada penguatan yang dapat merangsang motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Maka dalam pengabdian ini akan dilakukan penerapan model-model pembelajaran di MAN 2, ini dilakukan dengan alasan mengoptimalisasi penggunaan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang memadai. Guru diharapkan menggunakan berbagai macam model pembelajaran di kelas agar siswa bisa lebih fokus pada pembelajaran. Metode pelaksanaan menerapkan model-model pembelajaran yang melibatkan 50 orang guru dari sekolah tersebut berupa model Gallery Walk. Pengabdian ini memberikan kontribusi berupa (a)peningkatan pemahaman guru di MAN 2 Watampone terhadap model-model pembelajaran aktif, (b)maksimalisasi kemampuan guru-gur MAN 2 Watampone dalam merepkan metode pembelajaran aktif, (c) meningkatnya motivasi serta keaktifan siswa dan guru MAN 2 Watampone. Adanya pengabdian ini maka memberikan pengetahuan serta solusi dalam pembelajaran bagi para guru di sekolah tersebut.



Keywords


Penerapan, Model Pembelajaran, Gallery Walk

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khazanah Pengabdian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.