Strategi Program Studi Untuk Meningkatkan Brandawareness (Studi Pada Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Humaniora UIN Sunan Kalijaga)

Article History

Submited : March 9, 2016
Published : July 9, 2015

Abstrak : Brand awareness sangat berkaitan erat dengan bagaimana sebuah brand bisa bertahan di benak masyarakat. Dengan memperkuat brand diharapkan masyarakat sebagai salah satu stake holder akan memiliki brand awareness atau kesadaran merek terhadap perguruan tinggi tersebut. Penelitian ini untuk menunjukkan bahwa bukan hanya perusahaan saja yang harus membentuk dan meningkatkan “brand awareness”, namun perguruan tinggi dimasa sekarang juga harus memikirkan hal ini sebagai bagian dari perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Program studi dapat membentuk brand awareness yang dapat melekat kuat di benak masyarakat. Pembentukan brand awareness setiap program studi sangat ditentukan oleh target mahasiswanya, siapa kompetitornya, bagaimana agar prodi yang bersangkutan memiliki kredibilitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan program studi serupa di kampus yang lain.Kata Kunci : strategi, program studi dan brandawarness Abstract : Brand awareness is related to the strength of the brand in memory. Brand awareness is reflected by consumers’ ability to identify various brand elements. This research explains that brands have become important drivers of growth for any university,department, good or service. A strong university brand makes people aware of what the university represents and about the different offerings of the university. The main reason consumers flock to some department in university and ignore others is that behind the brand stands an unspoken promise and value. It is necessary to decide who the target consumer is, who the main competitors are, how the brand is similar to these competitors and how the brand is different from these competitorsKey words : Strategy, Courses and Brandawarness

References

  1. Aaker, David A. (1996). Building Strong Brands. New York: The FreePress.
  2. Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
  3. Chernatony, Leslie De and Francesca Dall ‘Olmo Riley. (1998). Expert Practitioners View on Roles of Brands : Impications for Marketing Communications. Journal of Marketing Communications, Volume 4.
  4. Keller, Kevin Lane. (1998). Strategic Brand Management Building, Measuring and Managing Brand Equity. Upper Saddle River, Prentice Hall.
  5. Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Grup.
  6. Rakhmat, Jalaludin. (2005). Metode penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  7. Sanityastuti, Marfuah, dan Pratiwi, Fatma Dian. (2009). Citra Perguruan Tinggi dan Pengambilan Keputusan. Penelitian.
  8. Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi
  9. Tulasi, Dominikus. Marketing Communication dan Brand Awareness. Marketing Communication, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Universitas Bina Nusantara.

Downloads

Download data is not yet available.