ANALISIS FAKTOR QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP KINERJA PELAYANAN KESEHATAN PEGAWAI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNHAS DI KOTA MAKASSAR

Rianda Ridho Hafizh Thaha, Ria Mardiana, Fauziah Umar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Quality of Work Life yang terdiri dari variabel lingkungan kerja, partisipasi, sistem imbalan, pengembangan karir terhadap kinerja pelayanan kesehatan karyawan Rumah Sakit serta untuk menguji variabel paling dominan memengaruhi kinerja karyawan pada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin di Makassar. Jenis penelitian yang di gunakan adalah cross sectional, untuk menganalisis digunakan analisis chi square dan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis chi square menunjukkan bahwa ada hubungan antara lingkungan kerja (p=0,001), sistem imbalan (p=0,024), pengembangan karir (p=0,017) dengan kinerja pelayanan kesehatan karyawan, sedangkan pada variabel partisipasi (p=0,055) tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan kinerja pelayanan kesahatan karyawan RS Unhas. Dari hasil analisisregresi diperoleh persamaaan regresi ketiga variabel, yakni lingkungan kerja, sistem imbalan dan pengembangan karir mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja pelayanan kesehatan karyawan pada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin di Makassar, variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Rumah Sakit Universitas Hasanuddin di Makassar adalah lingkungan kerja, hal ini dikarenakan lingkungan kerja yang baik, suasana yang positif, metode kerja yang teratur, komunikasi yang baik antar karyawanakan meningkatkan kinerja Rumah Sakit Universitas Hasanuddin di Kota Makassar.

References

1. Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI: Jakarta; 2012.

2. Mangkunegara, A.P. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Cetakan kedua. PT. Refika Aditama: Bandung; 2006.

3. Robbins, R.S. and Judge, T.A. Organizational Behavior. Pearson: USA; 2013.

4. Sedarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja.Bandar Maju: Bandung; 2007.

5. Krisna. Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja, dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Pegawai PT. Bank Sri Partha : Denpasar; 2008.

6. Dharma Tintri. Kinerja Pengaruh Struktur dan Kultur Organisasional terhadap Keefiktifitan Anggaran dalam Peningkatan Kinerja (Fakultas Ekonomi Gunadharma); 2002.

7. Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gadjahmada University Press: Yokyakarta; 2004.

8. Putri, Andi Ismawardani. (2013) Pengaruh Quality of Work Life dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Fajar Graha Pena : Makassar; 2013.

9. Cascio,Wayne F. Managing Human Resources. Colorado : McGraw–Hill; 2006.

Authors

Rianda Ridho Hafizh Thaha
ridho.thaha@gmail.com (Primary Contact)
Ria Mardiana
Fauziah Umar
Thaha, R. R. H., Mardiana, R., & Umar, F. (2016). ANALISIS FAKTOR QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP KINERJA PELAYANAN KESEHATAN PEGAWAI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNHAS DI KOTA MAKASSAR. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(3), 148-152. https://doi.org/10.30597/mkmi.v12i3.1072
Copyright and license info is not available

Article Details