ANALISIS PROSES MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR

Indah Purnamasari, Irwandy Kapalawi

Abstract

Proses Manajemen SDM di Rumah Sakit Stella Maris Makassar terdiri dari perencanaan SDM, seleksi  tenaga, pelatihan dan pengembangan, dan penilaian kinerja. Proses Manajemen SDM sangat memengaruhi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis proses manajemen SDM di RS Stella Maris Makassar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik indepth interview. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang, yaitu kepala bagian sumber daya manusia, diklat, administrasi personalia, pengembangan dan pelayanan medik, dan kepala bidang pelayanan medik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses manajemen SDM di RS Stella Maris melakukan perencanaan tenaga apabila ada permintaan kebutuhan dari setiap bagian. Pada tahap perencanaan lebih fokus pada tenaga medis karena sangat berperan penting dalam proses pelayanan. Tahap seleksi melalui 3 tahap seleksi, yakni seleksi administrasi, tes psikologi, tes kemampuan berdasarkan bidang masing-masing. Dalam pelatihan internal sering ditemukan kendala masalah anggaran atau dana yang harus disediakan oleh pihak RS. Pada penilaian hasil kinerja tenaga tersebut didokumentasikan dan dibahas dalam pertemuan evaluasi kinerja dan dalam proses penilaian kinerja menggunakan instrumen DP3.

References

1. Subanegara S. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi Kepala Bidang Terhadap Kinerja Pegawai di Rumah Sakit Daerah Sumatra Utaraan [Tesis]. Medan: Universitas Sumatra Utara; 2005.

2. Undang- Undang RI No. 36 Tahun 2009, Tentang Kesehatan. Jakarta, 36 (2009).

3. WHO. Pelatihan Keterampinan Manajemen SPMK. Jakarta; 2003.

4. Raymond A. Noe JRH, Barry Gerhart, Patrick M. Wrigh. Manejemen Sumber Daya Manusia edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2006.

5. Permenkes No.340/MENKES/PER/III/2010, Tentang Klasifikasi Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

6. Zainun B. Manajemen sumber daya manusia Indonesia: Toko Gunung Agung; 2001.

7. Soepojo P, Koentjoro T, Utarini A. Benchmarking Sistem Akreditasi Rumah Sakit di Indonesia dan Australia (Benchmarking of Hospital Accreditation System in Indonesia and Australia) Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2002;5.

8. Hafizurrachman. Sumber Daya Manusia Rumah Sakit di Q-Hospital. Journal of the Indonesian Medical Association. 2009.

9. Notoatmodjo S. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta; 1992.

Authors

Indah Purnamasari
indah_purnamasari46@yahoo.com (Primary Contact)
Irwandy Kapalawi
Purnamasari, I., & Kapalawi, I. (2016). ANALISIS PROSES MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 9(2), 120-124. https://doi.org/10.30597/mkmi.v9i2.445
Copyright and license info is not available

Article Details