GAMBARAN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN DI PONDOK PESANTREN HUBULO GORONTALO

Sitti Aisyah Taqhi

Abstract


Penyelenggaraan makanan adalah rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan menu sampai dengan pendistribusian makanan kepada konsumen dalam rangka pencapaian status kesehatan yang optimal melalui pemberian makanan yang tepat dan termasuk kegiatan pencatatan, pelaporan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan me-ngetahui gambaran sistem penyelenggaraan makanan di Pondok Pesantren Hubulo Gorontalo yang meliputi input, proses, dan output. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan data primer dan sekunder. Informan penelitian adalah pimpinan pondok pesantren, koordinator bagian keuangan, dan kepala dapur. Pengolahan dan analisis data menggunakan content analysis dan disajikan dalam bentuk teks naratif. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari segi input jumlah biaya rata-rata setiap minggu ialah sebesar Rp.27.444.000,- dan jumlah tenaga yang mencukupi. Perencanaan menu dilakukan secara tim dengan mengacu pada siklus menu 7 hari, tidak dilakukan perhitungan kebutuhan santri. Pemesanan dan pembelian bahan makanan secara langsung oleh kepala dapur, persiapan bahan makanan dilakukan sebelum pengolahan bahan makanan, pendistribusian makanan menggunakan sistem sentralisasi dan desentralisasi. Mutu makanan dapat diterima, nilai gizi makanan terutama energi hanya mencapai sekitar 76% dari kebutuhan total santri. Kesimpulan penelitian bahwa sistem penyelenggaraan makanan di pondok pesantren Hubulo Gorontalo sudah bagus.


Keywords


Penyelenggaraan makanan, input, proses, output

Full Text:

PDF

References


Aritonang. Penyelenggaraan Makanan (Manajemen Sistem) Pelayanan Gizi Swakelolah dan Jasa Boga di Instalasi Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Leutika;2012.

Setyowati RD. Sistem Penyelenggaraan Makanan, Tingkat Konsumsi, Status Gizi Serta Ketahanan Fisik Siswa Pusat Pendidikan Zeni Kodiklat TNIAD Bogor Jawa Barat [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor; 2008.

Almatsier S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2009.

Irianto DP. Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2007.

Sholiha YA. Gambaran Pola Konsumsi Dan Tingkat Kepuasan Santri Putri Terhadap Hidangan Di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar. Media Gizi Pangan. 2013;15(1):5-7.

Depkes RI. Indikator Indonesia Sehat 2010. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2003.

Atmanegara. Gambaran Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Mutu Hidangan Pada Penyelenggaraan Makanan Di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua Polda Sulsel [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013

Agharisty E. Analisis Biaya dan Analisis Zat Gizi Pada Penyelenggaraan Makanan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua Kota Makassar Sulawesi Selatan Tahun 2013. Media Gizi Pangan. 2013;16(1):7-9.

Kemenkes RI. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2013.

Sugirman AK. Gambaran Input Dan Proses Penyelenggaraan Makanan Santri Putri Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.

Amelia A.R. Hubungan Asupan Energi Dan Zat Gizi Dengan Status Gizi Santri Putri Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30597/mkmi.v10i4.507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published By:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Office : Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10, Faculty of Public Health, Hasanuddin University,

Tamalanrea, Makassar, South Sulawesi, 90245  View on Google Maps

Email  :  jurnal.mkmi@gmail.com / jurnalmkmi@fkm.unhas.ac.id

Phone : +628114440454

 

INDEXING


width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=width=

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats