PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN ANTENATAL OLEH BIDAN DI PUSKESMAS KOTA JAMBI

Ruwayda Ruwayda

Abstract

Pelaksanaan pelayanan antenatal sesuai standar di Kota Jambi mengacu pada standar Compliance Rate (CR) berkisar 74,54% dari target minimal 80%. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain crosssectional study untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan standar pelayanan antenatal oleh bidan di puskesmas se-Kota Jambi. Penelitian dilaksanakan bulan Februari-Maret 2015, jumlah sampel 40 orang bidan yang memberikan pelayanan antenatal di puskesmas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan daftar tilik dan kuesioner dengan cara pengamatan, wawancara dan pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bidan yang melaksanakan pelayanan antenatal sesuai standar di puskesmas se-Kota Jambi sebesar 72,5%. Hasil analisis bivariat diperoleh ada hubungan signifikan antara pengetahuan (p=0,014), pelatihan (p=0,034), supervisi/pengawasan (p=0,008), beban kerja (p=0,020) dengan pelaksanaan standar pelayanan antenatal oleh bidan di puskesmas se-Kota Jambi, sedangkan motivasi (p=0,297) tidak memiliki hubungan signifikan dengan pelaksanaan pelayanan antenatal tersebut. Perlunya upaya pengawasan dan pembinaan terintegrasi tentang standar pelayanan antenatal.

References

1. Kemenkes RI. Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu ; Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat dan Bina Kesehatan Ibu Kemenkes RI; Jakarta; 2010.

2. Dinkes Propinsi Jambi. Profil Dinas Kesehatan Propinsi Jambi. Jambi : Dinkes Propinsi Jambi; 2014.

3. Dinkes Kota Jambi. Profil Dinas Kesehatan Kota Jambi. Jambi : Dinkes Kota Jambi; 2014.

4. Depkes RI. Pedoman Pelayanan Antenatal. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI; 2007.

5. Kemenkes RI. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan Pedoman Bagi Tenaga Kesehatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes RI; 2013.

6. Laili, Mussannah H. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Bidan dengan Kemampuan Penerapan Standar Pelayanan Antenatal pada Pelayanan Bidan di Wilayah Pandaan Kabupaten Pasuruan [Tesis]. Solo: UNS; 2012.

7. Guspianto. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Bidan terhadap Standar Layanan Antenatal (ANC) di Kabupaten Muaro Jambi [Tesis]. Jakarta; FKM-UI; 2007.

8. Fitriani. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Peran Bidan dalam Pencapaian Cakupan K4 di Kabupaten Tojo Una-Una Tahun 2012 [Skripsi]. Jakarta: FKM-UI; 2012.

9. Rose N M Mpembeni, et al. Motivation and Satisfaction among Community Health Workers in Morogoro Region, Tanzania: nuanced needs and varied ambitions. Journal of Human Resources for Health. 2015;13;44.

10. Timothy Roberton, et al. Initial Experiences and Innovations in Supervising Community Health Workers for Maternal, Newborn and Child Health in Morogoro region, Tanzania. Journal of Human Resources for Health. 2015;13;19.

11. Sozinho Daniel Ndima, et al. Supervision of Community Health Workers in Mozambique: A Qualitative Study of Factors Influencing Motivation and Programme Implementation. Journal of Human Resources for Health. 2015;13; 54.

12. Nurbaeti, Hari Hartika. Motivasi Kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Walenreng Kabupaten Luwu. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2014;10(2);65-70.

Authors

Ruwayda Ruwayda
ida_dodyrz@yahoo.co.id (Primary Contact)
Ruwayda, R. (2016). PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN ANTENATAL OLEH BIDAN DI PUSKESMAS KOTA JAMBI. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(2), 91-97. https://doi.org/10.30597/mkmi.v12i2.925
Copyright and license info is not available

Article Details