Kelas Kata Ajektifa dalam Bahasa Arab

Authors

  • Haeruddin Haeruddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.10070

Keywords:

kelas kata, ajectifa, aglutinatif, fleksi

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai kelas ajectifa dalam bahasa Arab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori linguistik struktural yang memerikan dan menganalisis bahasa berdasarkan struktur internal bahasa itu sendiri. Penelitian ini mempunyai dua tujuan yang hendak dicapai, yaitu tujuan teoritis, dan tujuan praktis. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan teori bagi khazanah kajian linguistik Arab, khususnya untuk bidang morfologi, sintaksis dan semantik. Sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pengajaran kosa kata. Pencirian kelas ajectifa dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode distribusional yaitu dengan cara menguji kemungkinan boleh tidaknya sebuah kata didampingi oleh kategori lain dalam struktur yang lebih besar khususnya frasa. Adapun penentuan subkategori dilakukan dengan analisis semantik yaitu dengan menganalisis komponen makna utama yang terkandung di dalam sebuah kata. Ajektifa dalam Bahasa Arab dapat diketahui dengan melihat kemungkinan sebuah kata didampingi oleh adverbia جِدُّا “jiddan” dan berfungsi sebagai atribut nomina. Adapun pembagiannya berdasarkan komponen utamanya dapat dikategorisasi ke dalam (i) ajektifa warna, (ii) ajektifa bentuk (iii) ajektifa ukuran, (iv) ajektifa rasa, dan (iv) ajektifa abstrak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghalayaini, asy-Syaikh Mustafa. 2005. Jamī’ al-Durus al-‘Arabiyyah. Beirut: al-Maktabah al-’Ashriyyah.

Ali, Atabik & Zuhdi, Ahmad. 1999. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta. Multi Karya Grafika Pondok PesantrenKrapyak.

Al-Yasu’i, Louis Ma’luf. 1956. Al-Munjid Fī al-lughah wa al-Adab wal-`Ulum. Cetakan ke 18. Beirut: al- Matba’ah al-Kasulikiyyah.

Anis, Ibrahim. 1972. Al-Mu‘jam al-Wasīth. Kairo: Mathabi’ Dar al-Ma‘arif.

Baalbaki, Ramzi Munir. 2005. Dictionary of Lingustic Terms: Ingglish-Arab. Beyrut: Dar El-Ilm Li al-malayin.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Chejne, G. 1996. Bahasa Arab dan Peranannya dalam Sejarah. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.

Djayasudarma, Fatimah. 2006. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: P.T. Refika Aditama.

El-Dahdah, Antoine. 2001. Mu’jam qawâid al-Lughah al-Arabiyyah. Lubnan: Maktabah Nasyirun

Hassan, Tammam. 1985. al-lughah al-‘Arabiyyah Ma’nâha wa Mabnâha: cetakan ketiga. Mesir: al-Hai’ah al- Mishriyaah li al-Kitab.

Holes, Clive. 1995. Modern Arabic: Structure, Fungtions, and Varieties. Newyork: Longman Publishing.

Jonathan, Owens. (1989). The Syntactic Basis of Arabic Word Classification. Dalam (http://www.jstor.org). diakses: 03/02/2019 4:19

Khoja S. (2001). APT: Arabic Part-of-speech Tagger. http://www.pdfqueen.com. diakses: 03/02/2019 04:23.

Kridalaksana, Harimurti. 2007. Kelas Kata Dalam Bahasa Indonesia. Edisi Kedua Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Haeruddin, H. (2020). Kelas Kata Ajektifa dalam Bahasa Arab. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 17(1), 37-49. https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.10070