Keutamaan Teknik Pendekatan Neurolinguistic Programming Dalam Proses Pembelajaran (Sebuah Konsep Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Belajar Pemula)

Authors

  • Nur Taqwa Amin Jurusan Sastra Asia Barat Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20956/jna.v13i1.3839

Abstract

NLP adalah singkatan dari Neuro Linguistik Programming. Neurolinguistik  merupakan bidang ilmu Linguistik interdisipliner yang tercakup dalam bidang makrolinguistik, yaitu lahir dari dua bidang ilmu yang bekerjasama, yakni Neurologi dan Linguistik. Objek kajian Neurologi adalah anatomi otak manusia (susunan saraf otak) manusia. Adapun objek kajian Linguistik adalah bahasa. Bahasa bersumber dari pikiran dan pikiran dapat mempengaruhi bahasa, oleh karenanya melahirkan fenomena kebahasaan yang berdampak pada sikap dan perilaku positif atau negatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa Arab bagi mahasiswa belajar pemula. NLP dapat menghilangkan rasa cemas, rasa takut, rasa malas, dan segala mentalblok yang ada dalam diri manusia, yang kemudian dapat menciptakan dan membangun suasana kondusif, tercipta rasa senang, positif dan nyaman dalam belajar bahasa Arab, terutama terhadap mahasiswa yang baru pertama kali belajar bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M., Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. ke - 19. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Ahmad Badran, AMR Hasan. 2010. Cara Islam Mencerdaskan Otak, Mengoptimalkan Daya Ingat dengan Zikrullah.Kartasura-Solo : Iltizam.

Amin, Nurtaqwa., M.Nawawi. 2015. Rancangan Model Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis NLP bagi Mahasiswa Belajar Pemula di Tingkat Perguruan Tinggi. Prosiding Sindhar I, Volume 1-Desember 2015, ISSN:2477-4979. Makassar: LPMD Universitas Bosowa.

Elfiky, Ibrahim, Dr. 2007. Terapi NLP (Neuro – Linguistic Programming). Cet.II. Jakarta : Hikmah .

Muhammad, As’adi. 2010. Bila Otak Kanan dan Otak Kiri Seimbang. Cet.I. Jogjakarta : Diva Press.

________________. 2010. Misteri Otak Tengah Manusia. Cet, I. Jogjakarta : Buku Biru.

M. Said, Ikhwan. 2009. “Perkembangan Kompetensi Berbahasa Penderita Afasia Tidak Lancar yang disebabkan oleh Strok Iskemik”, Ringkasan Disertasi, Program Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

RM., Romni. 2011. Menggunakan NLP untuk Pembelajaran (Jurnal Ilmiah). (http//www.NLP%204%20Teacher%20%20%20Trainer%20%20%20Menggunakan%20NLP%20untuk%20Pembelajaran).

Sailendra, Annie. 2014. Neuro Linguistic Programming (NLP). Cet.II. Yoyakarta: Bhafana Publishing.

Sri Narwanti, S.Pd. 2011. Creative Learning. Cet.I. Yogyakarta : Sendangadi Mlati Sleman.

Widiasmadi, H. Nugroho, Dr. Ir. 2010. Spot Capturing Metode Dahsyat Mencetak Otak Super. Cet.I. Yogyakarta : IndonesiaTera.

Yurisaldi S, Arman, dr., M.S., SpS. 2010. Metode Aktivasi Otak, Meledakkan Potensi Otak. Cet.I. Yogyakarta : Pustaka Widyatama.

Downloads

Published

2016-02-01

How to Cite

Amin, N. T. (2016). Keutamaan Teknik Pendekatan Neurolinguistic Programming Dalam Proses Pembelajaran (Sebuah Konsep Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Belajar Pemula). Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 13(1), 61-74. https://doi.org/10.20956/jna.v13i1.3839