Syair-Syair Wasf dalam Syair Imru' al-Qais Tinjauan Ilm' Arudh

Mujadilah Nur

Abstract


Skripsi ini berjudul Syair-syair Wasf (deskripsi) Imru’ al-Qais suatu tinjauan Ilm ‘Aru>d}”, yang membahas tentang tema “Wasf al-Layl (menggambarkan tentang malam), wa al-Faras (menunggang kuda), wa al-S{ayd (binatang buruan)”. Tujuan dari penelitian ini adalah memenggal syair sesuai dengan bah}r yang digunakan sehingga dapat diketahui perubahan wazan pada taf’ilahnya dengan menggunakan pendekatan Ilm al-‘Aru>d}.

Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan membaca beberapa tiap-tiap bayt syair Imru’ al-Qais. Data yang diperoleh diklasifikasikan dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, terhadap pemenggalan syair yang bertema “Wasf al-Layl, wa al-Faras, wa al-S{ayd” sesuai dengan permasalahan data yang diperoleh.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebahagiaan dari pemenggalan syair yang bertema “Wasf al-Layl, wa al-Faras, wa al-S{ayd” mengalami perubahan wazan pada taf’ilahnya yaitu terjadi ziha}f qabd pada setiap bagian sadr dan ‘ajznya. Jenis al-bayt yang ditemukan yaitu bayt tam yang masih lengkap bagian-bagaiannya maksudnya masih lengkap dengan 8 taf’ilah yang digunakan.


Keywords


Syair, Wasf, dan Ilm ‘Arudh”

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nady Al-Adab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.