Identifikasi dan Pemahaman Dampak Jenis-Jenis Kejahatan Trans Nasional Bagi Siswa SMA Di Kota Makassar

Arsyad Arsyad

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para siswa SMA terkait kejahatan transnasional, dampak dan antisipasinya; Permasalahan yang ada adalah: a. rendahnya pengetahuan dan pemahaman siswa SMA mengenai jenis-jenis kejahatan transnasional, dampak dan usaha-usaha untuk mengantisipasi dan menanganinya; b. belum adanya kemampuan di kalangan siswa SMA bagaimana mengidentifikasi dan mempetakan jenis-jenis kejahatan transnasional di Kota Makassar; c. belum mampunya siswa SMA memahamai usaha-usaha pencegahan dan penanganan jenis-jenis kejahatan transnasional di sekitar mereka. Metode yang digunakan adalah sosialisasi yang dilakukan melalui kegiatan ceramah dan tutorial mengenai kejahatan transnasional.Temuan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 1.masih banyaknya siswa SMA yang tidak memahami secara komprehensif mengenai kejahatan transnasional, dampak, dan antisipasi yang harus dilakukan; 2. Meningkatnya pemahaman langkah-langkah yang harus diambil dalam mengantisipasi dan mencegah serta menanggulangi kejahatan transnasional yang berkembang di Kota Makassar.


Keywords


identifikasi, dampak, kejahatan transnasional, kota Makassar

Full Text:

PDF

References


Friebel, Guido & Sergei Guriev, 2006, Smuggling Humans: A Theory of Debt-Financed Migration. Journal of the European Economic Association, Vol. 4, No. 6 (Dec., 2006).

Grossman, J. B., 1984, Illegal Immigrants and Domestic Employment. Industrial and Labor RelationReview, Vol. 37, No. 2, (Jan., 1984).

Mardenis, 2013, Pemberantasan Terorisme: Politik Internasional dan Politik Hukum Internasional Indonesia, RajaGrafindo, Jakarta.

Purwawidada, Fajar, Jaringan Baru Terorisme Solo, Gramedia, Jakarta.

Polda Sultra Tangani 9.178 Laporan Kejahatan Transnasional, www.m.antarasulsel.com/berita/44384/polda-sultra-tangani-9178-laporan-kejahatan Diakses pada 6 April 2015.

Transnational organized crime, www.lpsk.go.id Diakses pada 7 April 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Panrita Abdi Indexed by