OPTIMALISASI PERAN SANTRI HUSADA POS KESEHATAN PESANTREN (POSKESTREN) DALAM PENCEGAHAN MASALAH KESEHATAN DI PONDOK PESANTREN NURIS JEMBER

Authors

  • Lirista Dyah Ayu Oktafiani Universitas Jember
  • Nur Fitri Widya Astuti Univesitas Jember
  • Septy Handayani Universitas Jember
  • Amelia Puspitasari Universitas Jember
  • Nabila Anisa Toyibah Universitas Jember
  • Shafa Aqila Putri Ramadani Universitas Jember
  • Shintya Awalia Putri Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v9i1.31019

Keywords:

PHBS, infectious diseases, santri husada

Abstract

Islamic boarding schools are institutions for learning Islam and other sciences, utilizing a dormitory-based learning model that requires students to carry out daily activities within the school premises. The large number of students living together in Islamic boarding schools, coming from diverse backgrounds, increases the likelihood of various health problems arising. Additionally, issues related to cleanliness and Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) are prevalent at the Nuris Islamic Boarding School in Jember Regency. Observations and interviews with the Health Post Coordinator revealed ongoing problems, including cases of diarrhea, infectious diseases, and food poisoning. Therefore, the objective of this community service initiative is to provide training and self-health coaching to the students of the Islamic Boarding School Health Post (POSKESTREN). This initiative aims to enhance health knowledge, promote healthy living attitudes, and improve the provision of health services for the boarding school community. The methods employed in this program include counseling sessions on PHBS topics such as handwashing culture, consuming healthy snacks, eliminating mosquito larvae, avoiding smoking, and proper waste disposal. Additionally, practical activities such as handwashing with soap and an "emo demo" (emotional demonstration) of the risks associated with unhealthy snacks were conducted. The results of this community service indicate a significant improvement in the pre-test and post-test scores related to PHBS knowledge among the husada students. Based on these findings, it can be concluded that PHBS education positively influences the role of husada students in preventing health problems within the Nuris Jember Islamic Boarding School environment.   ---   Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu agama Islam dan ilmu lainnya dengan model pembelajaran berbentuk asrama yang mewajibkan santrinya untuk melakukan kegiatan sehari-hari di tempat tersebut. Banyaknya jumlah santri yang tinggal bersama di pesantren dengan bermacam latar belakang ini, memungkinkan munculnya banyak permasalahan kesehatan. Selain itu banyak juga permasalahan mengenai kebersihan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terjadi di Pondok Pesantren Nuris di Kabupaten Jember. Hasil observasi dan wawancara dengan Koordinator Poskestren masalah kesehatan yang masih terjadi adalah diare, penyakit menular, dan keracunan makanan. Oleh karena itu, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk melakukan pelatihan dan pembinaan kesehatan diri santri husada Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN) dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan dan sikap hidup sehat serta pemberian layanan kesehatan untuk warga Pesantren. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini yaitu penyuluhan terkait PHBS (budaya cuci tangan, konsumsi jajanan sehat, pemberantasan jentik nyamuk, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya. Lalu juga ada praktik mencuci tangan dengan sabun serta emo demo jajanan tidak sehat. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pre-test dan post-test terkait pengetahuan PHBS oleh santri husada. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh edukasi PHBS terhadap peningkatan peran santri husada dalam mencegah masalah kesehatan di lingkungan Pondok Pesantren Nuris Jember.

References

Anita, D. C. (2020). Pembentukan POSKESTREN Di Pesantren Tahfizd Nurani Insani Desa Balecatur Gamping Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 3(1), 365-374.

http://dx.doi.org/10.22146/jp2m.50631

Budisuari MA, & Pranata S. (2016). Santri Pondok Pesantren Dan Informasi Kesehatan Reproduksi Terkini (Up dating Islamic Boarding School Santri and Reproductive Health Information). Bul Penelit Sist Kesehat. 016;19(1):63–73.

https://media.neliti.com/media/publications-test/63115-up-dating-islamic-boarding-school-santri-e75aa776.pdf

Data di Pusat Pengembangan Penelitian dan Pendidikan Pelatihan [Internet]. 2011. Available from: https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/

Fauziah, M., Asmuni, A., Ernyasih, E., & Aryani, P. (2021). Penyuluhan Personal Hygiene Untuk Faktor Risiko Penyakit Menular Pada Siswa Pesantren Sabilunnajat Ciamis Jawa Barat. AS-SYIFA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 2(1), 55-68.

https://doi.org/10.24853/assyifa.2.1.55-68

Juliawan, D. G., Mirayanti, N. K. A., & Parwati, N. A. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan bernyanyi lagu cuci tangan terhadap tindakan mencuci tangan anak prasekolah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 3(1), 11-20.

https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.124

Kuntari, T., Earlyawan, P. A., Pradana, B. N., Purnamasari, I., Rosyadi, R. P., Pangesti, S. N., ... & Syakirina, Y. A. (2023). Pelatihan Dokter Kecil dan Pengenalan PHBS sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Berbasis Sekolah. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 3(2), 39-44.

http://dx.doi.org/10.30865/pengabdian.v3i2.6020

Nafilah, N., & Palupi, F. D. (2021). Penyuluhan Gizi Melalui Metode Emo Demo Untuk Mengubah Pengetahuan Kader Tentang Hipertensi. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 197-204.

https://doi.org/10.33633/ja.v4i3.180

Nurmaningsih, N., & Zulhakim, Z. (2022). Pengaruh Edukasi PHBS Tentang Mencuci Tangan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan Pada Anak Usia Sekolah di Perumahan Lingkar Permai Tanjung Karang. Medika: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 30-35.

https://unu-ntb.e-journal.id/medika/article/view/267

Nursholehaty, A. R., Utami, F., Firman, F. C., Syamsir, N. D., Rahmadhani, T., Yusuf, W. M., & Marzuki, D. S. (2023). Edukasi tentang cuci tangan pakai sabun di SDN No. 129 Inpres Desa Bontoloe. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 7(2), 249-254.

https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.20004

Ramadhanti, C. A., Adespin, D. A., & Julianti, H. P. (2019). Perbandingan penggunaan metode penyuluhan dengan dan tanpa media leaflet terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang tumbuh kembang balita. Jurnal Kedokteran Diponegoro (Diponegoro Medical Journal), 8(1), 99-120.

https://doi.org/10.14710/dmj.v8i1.23304

Rohmawati, N., Antika, R. B., Rachmawati, S. N., & Hermilasari, R. D. (2023). Pesan Gizi Seimbang “Isi Piringku” untuk Mencegah Stunting melalui Media Modul Emo Demo. UNEJ e-Proceeding, 22-27.

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/44318

Rosita, A., Dahrizal, D., & Lestari, W. (2021). Metode Emo Demo Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Raflesia, 3(2), 11-22.

https://doi.org/10.33088/jkr.v3i2.690

Sari, I. P., Trisnaini, I., Ardillah, Y., & Sulistiawati, S. (2021). Buku Saku Pencegahan Stunting sebagai Alternatif Media dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 300-304.

https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4669

Septiana, P., & Suaebah, S. (2019). Edukasi Media Kartu Bergambar Berpengaruh terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pemilihan Jajanan Sehat di SD Negeri Pontianak Utara. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 1(2), 56-59.

https://doi.org/10.30602/pnj.v1i2.288

Statistik Data Pondok Pesantren [Internet]. (2022). Available from: https://dataindonesia.id/ragam/detail/indonesia-miliki-26975-pesantren-ini-sebaran-wilayahnya

Subhan, M. A. (2024). Efektivitas Efektivitas Penerapan Metode Edukasi Emodemo Terhadap Sikap dan Pengetahuan PHBS Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Diare di SMPN 12 Tambun Selatan. Jurnal Promosi Kesehatan Mandiri, 2(1), 9-16.

https://doi.org/10.33761/jpkm.v1i2.1435

Sukana, B., & Musadad, D. A. (2010). Model Peningkatan Hygiene Sanitasi Pondok Pesantren Di Kabltpaten Tangerang. Indonesian Journal of Health Ecology, 9(1), 1132-1138. Available from: https://media.neliti.com/media/publications-test/83669-model-peningkatan-hygiene-sanitasi-pondo-efcdae88.pdf

Syarifuddin, S., Ponseng, N. A., Latu, S., & Ningsih, N. A. (2022). Edukasi jajanan sehat pada anak usia sekolah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 316-320.

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7758

Tulak, G. T., Ramadhan, S., & Musrifah, A. (2020). Edukasi perilaku cuci tangan pakai sabun pada siswa untuk pencegahan transmisi penyakit. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 37-42.

https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1702

Yunika, R. P., Al Fariqi, M. Z., Cahyadi, I., Yunita, L., & Rahmiati, B. F. (2022). Pengaruh Edukasi PHBS Terhadap Tingkat Pengetahuan pada Yayasan Jage Kestare. Karya Kesehatan Siwalima, 1(1), 28-32.

https://doi.org/10.54639/kks.v1i1.735

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Oktafiani, L. D. A., Astuti, N. F. W., Handayani, S., Amelia Puspitasari, Toyibah, N. A., Ramadani, S. A. P., & Putri, S. A. (2025). OPTIMALISASI PERAN SANTRI HUSADA POS KESEHATAN PESANTREN (POSKESTREN) DALAM PENCEGAHAN MASALAH KESEHATAN DI PONDOK PESANTREN NURIS JEMBER. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 110–120. https://doi.org/10.20956/pa.v9i1.31019