SOSIALISASI INOVASI DESA DIGITAL DALAM MENUNJANG PELAYANAN PUBLIK DI DESA BETALEMBA KECAMATAN POSO PESISIR SELATAN KABUPATEN POSO

Authors

  • Karmila Akib Universitas Sintuwu Maroso
  • Nur Afriyani Putri
  • Eka Wahyuningsih

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v9i2.34054

Keywords:

Public services, Digital villages, Innovation

Abstract

Digital government is the latest concept in the implementation of public services that emphasizes the use of information technology to improve the effectiveness of government management and provide fast, easy, and accessible services to the public. Rapid technological advances require all sectors to adapt to the use of internet-based technology. One sector that feels the positive impact of digital government is the village. Through the Digital Village program, information technology is integrated into public services, economic activities, and various other aspects. However, conditions in the village remain difficult due to various challenges, such as low quality of human resources, limited access to information, and lack of internet networks. This community service activity aims to provide understanding and improve the knowledge and skills of the apparatus of Betalemba Village, Poso Pesisir Selatan District, Poso Regency regarding digital village innovation, especially in supporting public services in the village. It is hoped that this innovation can make public services more efficient and easily accessible, so that people no longer need to go to the village office to take care of administration. The background of this activity is the continued use of manual systems in public services in Betalemba Village. This activity was carried out through socialization using a lecture and discussion approach. The results of the activity showed that participants could understand the concept of digital villages as a tool to improve the quality of services to the community.   ---   Pemerintahan digital merupakan konsep terbaru dalam penyelenggaraan layanan publik yang menekankan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan pemerintah serta memberikan layanan yang cepat, mudah, dan dapat diakses oleh masyarakat. Kemajuan teknologi yang sangat pesat mengharuskan seluruh sektor untuk beradaptasi dengan penggunaan teknologi berbasis internet. Salah satu sektor yang merasakan dampak positif dari pemerintahan digital adalah desa. Melalui program Desa Digital, teknologi informasi diintegrasikan ke dalam layanan publik, kegiatan ekonomi, dan berbagai aspek lainnya. Namun, kondisi di desa tetap sulit karena adanya berbagai tantangan, seperti rendahnya kualitas sumber daya manusia, akses informasi yang terbatas, dan kurangnya jaringan internet. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari aparatur Desa Betalemba, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso mengenai inovasi desa digital, terutama dalam mendukung layanan publik di desa. Diharapkan bahwa inovasi ini dapat membuat layanan publik lebih efisien dan mudah diakses, sehingga masyarakat tidak perlu lagi pergi ke kantor desa untuk mengurus administrasi. Latar belakang dari kegiatan ini adalah masih digunakannya sistem manual dalam layanan publik di Desa Betalemba. Kegiatan ini dilaksanakan melalui sosialisasi yang menggunakan pendekatan ceramah dan diskusi. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa peserta dapat memahami konsep desa digital sebagai alat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

References

Amiruddin, A., & Ali, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung E-Government Di Desa Tongke-Tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Al Qisthi: Jurnal Sosial Dan Politik, 23–31.

https://doi.org/10.47030/aq.v10i1.78

Anggraini, D. (2023). Kualitas Layanan Publik Digitalisasi (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang). Jurnal Administrative Reform, 11(1), 62–76.

https://doi.org/10.30872/jar.v11i1.9821

Fakhrurrazi, F., Nurhafni, N., Ula, M., Setiawan, A. L., & Arpika, A. M. (2022). Pengembangan Desa Digital Dalam Pelayanan Publik Dan Kearsipan Berbasis Teknologi Informasi Di Gampong Reulet Timur. RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 252–260.

https://doi.org/10.51179/pkm.v5i3.1468

Kurniawan, R., Yonggi Puriza, M., Arkan, F. (2021). Membangun Sistem Informasi Desa untuk Pelayanan Publik Prima Berbasis Cloud Server di Desa Pagarawan Kabupaten Bangka. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 193–200.

http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Lailiyah, K. (2022). Digitalisasi Desa Sebagai Upaya Percepatan Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Good Governance. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 6(2), 26–34.

https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.112

Mohi, W. K., & Botutihe, N. (2020). Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Pelayanan pada Masyarakat Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(2), 115.

https://doi.org/10.31314/pjia.9.2.115-124.2020

Rahmansari, R. (2017). Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Komunikasi Organisasi Pegawai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 1(2), 77–90.

https://doi.org/10.25139/jmnegara.v1i2.788

Rahmawati, F., Hariri, H., Saputra, B., & ... (2022). Pelatihan Manajemen Web Desa Sebagai Pusat Informasi dan Edukasi Masyarakat Lampung. Jurnal Sinergi, 3(September), 60–66.

https://sinergi.lppm.unila.ac.id/index.php/jsi/article/view/39%0Ahttps://sinergi.lppm.unila.ac.id/index.php/jsi/article/download/39/41

Septiansyah, B., Wulandari, W., Gunawan, W., & Rochaeni, A. (2023). PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DESA DI ERA DIGITAL 4.O (Studi Kasus Pemerintah Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung). Jurnal Academia Praja, 6(2), 261–271.

https://doi.org/10.36859/jap.v6i2.1734

Sinambela, L.P., Rochadi, S., Ghazali, R., Setiabudi, A., Bima, D, & Syaifuddin. (2011) “Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi“. Jakarta : PT Bumi Aksara. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=19007

Tirayoh, G. A. T., & Waworundeng, W. (2023). Implementasi Kebijakan Program Desa Digital Dalam Upaya Kemajuan Pelayanan Publik Di Desa Kauditan I Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Governance, 3(1), 1–11.

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/governance/article/view/48052%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/governance/article/download/48052/42555

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Akib, K., Nur Afriyani Putri, & Eka Wahyuningsih. (2025). SOSIALISASI INOVASI DESA DIGITAL DALAM MENUNJANG PELAYANAN PUBLIK DI DESA BETALEMBA KECAMATAN POSO PESISIR SELATAN KABUPATEN POSO . Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 457–465. https://doi.org/10.20956/pa.v9i2.34054

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.