PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP SEBAGAI BEKAL MENUJU BONUS DEMOGRAFI 2045
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v9i2.36564Keywords:
Entrepreneurship, Junior high school students, Demographic bonus 2045Abstract
Indonesia has entered the peak of the 2045 demographic bonus, as indicated by the increasing number of productive-age individuals between 15 and 64 years old. The potential of the demographic bonus can be optimized through skills development as a strategic step toward achieving Golden Indonesia 2045. One of the essential skills can be developed to address the challenges of the 2045 demographic bonus is entrepreneurial skills development. The goal of developing entrepreneurial skills is not only to foster an entrepreneurial spirit but also to equip students with fundamental cognitive, emotional, and physical abilities necessary for navigating the 2045 demographic bonus. This activity was conducted through entrepreneurship education, including lectures, discussions, demonstrations, and hands-on practice. The target participants of this pogram were junior high school students (aged 15-16 years). The specific object of this entrepreneurship training was students of SMP Negeri 16 Malang, with a total of 20 participants. To measure the success indicators of this activity, pre-test and post-test assessments were administered. The result of both assessments were compared to evaluate the effectiveness of the training. Based on the analysis from questionnaire results, there was a significant improvement in students' entrepreneurial skills, with the average pre-test score is 45.50 increasing to 82 from the post-test. This demonstrates that the entrepreneurship training program was effective in equipping students with essential entrepreneurial skills. --- Indonesia telah memasuki puncak bonus demografi 2045, hal itu ditunjukan dengan meningkatnya jumlah penduduk usia produktif dengan rentang usia 16-64 tahun. Potensi bonus demografi dapat dioptimalkan melalui pengembangan keterampilan sebagai langkah strategis menuju tercapainya Indonesia Emas 2045. Salah satu keterampilan yang dapat dikembangkan untuk menghadapi tantangan bonus demografi 2045 yakni melalui pengemba-ngan keterampilan berwirausaha. Adanya pengembangan keterampilan berwirausaha juga bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan mereka serta diharapkan peserta didik memiliki kualitas dasar seperti kemampuan berpikir, kemampuan emosional, serta kemampuan fisik dalam menghadapi bonus demografi 2045 mendatang. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi seputar kewirausahaan melalui ceramah, diskusi, demonstrasi, serta praktik langsung. Targer peserta dari kegiatan ini adalah siswa SMP yang saat ini berusia 15-16 tahun. Maka dari itu, Objek pelaksanaan kegiatan pelatihan kewirausahaan ini yaitu siswa SMP Negeri 16 Malang sejumlah 20 anak. Untuk mengukur indikator keberhasilan pada kegiatan ini dilakukan dengan menyebarkan lembar pre-test dan post-test. Hasil dari lembar pre-test dan post-test tersebut kemudian dibandingkan dengan kedua hasilnya untuk mengetahui keberhasilan dari kegiatan yang telah terlaksana. Berdasarkan hasil penyebaran kedua angket tersebut diketahui bahwa terdapat kenaikan hasil yang signifikan terhadap keterampilan berwirausaha dengan hasil rata-rata nilai sebesar 45,50 pada hasil pre-test dan 82 untuk hasil post-test, yang membuktikan bahwa kegiatan pelatihan kewirausahaan yang telah dilaksanakan efektif dalam membekali siswa dengan keterampilan berwirausaha.
References
Adi, H. P., Pujianto, A., Zukhruf, A. A., Octaviano, B., Rhamadhan, B. F., Falah, F., & Agustina, R. D. (2023). Strategi pemasaran mengenai promosi dan packaging pada UMKM. Community Empowerment Journal, 1(4), 178-184.
https://doi.org/10.61251/cej.v1i4.33
Ariasih, N.K., Murpratiwi, S.I., Pramawati, D. A. A. T., Mulyawan, I. P. A., & Putri. K. (2023). Sosialisasi Entrepreneur Untuk Generasi Z di SMP Sapta Andika Denpasar. Jurnal Altifani. 3(3). 355-362.
http://dx.doi.org/10.59395/altifani.v3i3.386
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73-87.
http://dx.doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1320
Ibrahim, S.F., Nurasa, A., & Gumilar, D. (2024). Kewirausahaan Santri sebagai Upaya Mencetak SDM Pembangunan Ekonomi Islam Berkelanjutan di Indonesia dalam Menyongsong Bonus Demografi 2030-2045. AL MUSTADAM: Journal of Islamic Economics and Business, 1(1), 80-96.
https://ejournal.staikhbadruzzaman.ac.id/index.php/almustadam/article/view/15
Hanipudin, S., Subki, T., Sudrajat, B., & Nuhandayani, A. (2023). Minat Wirausaha Siswa Melalui Talkshow Muslimpreneurship Di SMK Islam Al Amanah Salem Brebes. Ash- Shahabah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). 36-42. https://doi.org/10.59638/ashabdimas.v2i2.672
Hariyanti & Sari, F.A. (2022). Strategi Pengembangan Economic Civic di Lingkungan Persekolahan Guna Mendorong Peserta Didik Sebagai Wirausaha Muda. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). 5107-5111.
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2034
Hasdiana, Hadjaratie, L., Masaong, A. K., & Panai, Abdul H. (2023). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia 2045 Menghadapi Bonus Demografi Melalui Pembelajaran Berbasis Kreatifitas. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2). 949-958.
http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.949-958.2023
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2023). Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia.
https://www.kemenkopukm.go.id/
Kusnandar, V. B. (2022). Laporan Akhir Analisis Dan Evaluasi Hukum Terkait Kependudukan.
Mardatillah, I., & Hermanzoni. (2020). FaktorPenyebab Rendahnya Minat Mahasiswa Kepelatihan Terhadap Kewirausahaan. Jurnal Patriot. 2(1), 74–79.
https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.571
Muhlis, R., Abubakar, A. B. S., Idrus, F. N., Muhlisa, & Abdullah, F. (2024). Pemberdayaan Sekolah Siaga Bencana Melalui Simulasi Dan Video Kesiapsiagaan Di Sdn 63 Kota Ternate. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 527-534.
https://doi.org/10.20956/pa.v8i3.25182
Nikmatuzaroh, R. & N. M. (2019). Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Mitra. Unisnu Jepara Pers: Jepara.
Noor, M. (2015). Kebijakan pembangunan kependudukan dan bonus demografi. Serat Acitya, 4(1), 121.
http://dx.doi.org/10.56444/sa.v4i1.149
Ritan, D., & Nugroho, M. K. A. (2024). Pelatihan Membuat Logo dan Kemasan Menggunakan Aplikasi Canva pada UMKM Desa Gondang. Prosiding Patriot Mengabdi, 3(01), 827-838. Retrieved from
https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/view/3928
Rusydu, Muhammad R. (2024). Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Usia Dini di Era MEA. Jurnal Euforia, 1(1). 81-90.
https://jurnal.staialgazalibone.ac.id/index.php/euforia/article/view/24
Sari, R., & Hasanah, M. (2019). Pendidikan Kewirausahaan Edisi Revisi. K-Media: Yogyakarta.
Silalahi, T. S. (2019). Pemuda Milenial. CV Jejak (Jejak Publisher): Sukabumi
Sulistyastuti, D. R. (2017). Tantangan Indonesia Mengoptimalkan Bonus Demografi. Jurnal Studi Pemuda, 6(1), 538-547.
http://dx.doi.org/10.22146/studipemudaugm.38012
Sunarmintyastuti, L., Prabowo, H. A., Hermanto, H., Sandiar, L., Suprapto, H. A., Rizkiyah, N., Widiyarto, S., & Abdillah, A. (2021). Penyuluhan Pembelajaran Kewirausahaan Untuk Siswa SMP. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 858–864.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hayuni Retno Widarti, Ismi Novita Sari, Imro’atun Nadzifah, Fitria Anggraini, Khairil Taribu, Izzatul Layla Syamsi, Deni Ainur Rokhim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.