PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT MELALUI INOVASI PANGANAN BERBAHAN DASAR LABU SIAM DAN PELATIHAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI

Authors

  • Munawarah Munawarah Universitas Prima Indonesia
  • Keumala Hayati Universitas Prima Indonesia
  • Delyanti Azzumaritho Pulungan Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Chayote, e-commerce, Medan Johor

Abstract

Community Partnership Program Through Chayote  Based Handling Innovation and E-Commerce Training to Improve the Economy

Abstract. The purpose of this community development program is to increase the ability and creativity of housewives in creating a product that can later be sold and improve the economy in Lingkungan XI Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor Sumatera Utara. The team provides training in the form of processing products from chayote to become syrup,candy, jam and chips. In addition to processing products, partners are also introduced and taught how to prepare simple financial reports such as the calculation of cost of goods manufactured, cost of goods sold, and estimated profit and loss to control finances. After the product training process, partners are also taught the marketing process by maximizing technology through digital e-commerce platforms, one of which is shoppe to market their products to be more widely known. The results obtained after the training program show that there is community satisfaction as a partner for the empowerment program. This is also marked by the increased ability of partners in terms of making products from chayote, as well as being able to market it through digital marketing platforms through e-commerce so as to increase sources of income

Keywords: Chayote, e-commerce, Medan Johor.

Abstrak. Tujuan dari program kemitraan masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan serta kreatifitas ibu-ibu rumah tangga dalam menciptakan suatu produk yang nantinya dapat dijual dan meningkatkan ekonomi di Lingkungan XI Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Utara.Tim memberikan pelatihan berupa pengolahan produk dari labu siam untuk dijadikan sirop, permen, selai dan keripik(stick labu). Selain mengolah produk, mitra juga diperkenalkan serta diajarkan cara menyusun laporan keuangan sederhana seperti perhitungan harga pokok produksi, harga pokok penjualan, serta estimasi untung rugi untuk mengontrol keuangan. Setelah proses pelatihan pembuatan produk, mitra juga diajarkan proses marketing dengan memaksimalkan teknologi melalui platform digital e-commerce salah satunya shoppe untuk memasarkan produk mereka agar lebih dikenal luas. Hasil yang diperoleh setelah program pelatihan menunjukkan bahwa adanya kepuasan masyarakat selaku mitra terhadap program pemberdayaan. Hal ini juga ditandai dengan meningkatnya kemampuan mitra dalam hal membuat produk dari labu siam, serta mampu memasarkannya melalui platform digital marketing melalui e-commerce sehingga dapat menambah sumber penghasilan.

Kata Kunci: Labu siam, e-commerce, Medan Johor.

References

Asmira, S., & Arza, P.A. (2015). Pengaruh Penggunaan Labu Siam dengan Konsentrasi yang Berbeda terhadap Mutu Organoleptik dan Kadar Serat kerupuk Ikan. Jurnal Stikes Perintis, 2(2), 38–46.

Aswini, K. & Durai, R.V. (2017). Trust in E-Commerce. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR), 3(5), 1637–1639.

Kudsiah, H., Tresnati, J., & Ali , S. A. (2018). IbM Kelompok Usaha Bandeng Segar Tanpa Duri di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Panrita Abdi Jurnal, 2(1), 55-63.

Nurmaya, K., Rosini, I., & Diana, N.E. (2017). Ibm Pelatihan Decoupage Dan E-Commerce Untuk Meningkatkan Ekonomi Ibu Rumah Tangga. In S. Suryanto (Ed.), Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017: Vol. (pp. 160–165). Retrieved from http://snp2m2017.poliupg.ac.id/prosiding-snp2m2017/

Nurmianto, E., & Nasution, A.H. (2004). Perumusan Strategi Kemitraan Menggunakan Metode Ahp Dan Swot (Studi Kasus Pada Kemitraan PT. INKA Dengan Industri Kecil Menengah di Wilayah Karesidenan Madiun). Jurnal Teknik Industri, 6(1), 47–60. https://doi.org/10.9744/jti.6.1.pp.47-60

Nuryanti, D.M.I. (2017). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengembangan Usaha Peyek Kacang Di Kota Palopo. In S. Suryanto (Ed.), Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M): Vol. (pp. 351–356). Makassar: Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Rifa’i, M.A., Kudsiah, H., & Muzdalifah. (2017). Alih teknologi produksi benih anemon laut secara aseksual. Jurnal Panrita Abdi, 1(1), 33-39.

Rifa’i, M.A., Syahdan, M., Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2018). Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus: Anemon Laut Ornamen. Jurnal Panrita Abdi, 2(1), 40-47.

Yasser, M., Asfar, A.M.I.A., Asfar, A.M.I.T., Rianti, M., & Budianto, E. (2019). Pengembangan Produk Olahan Gula Merah Tebu dengan Pemanfaatan Ekstrak Herbal di Desa Latellang Kabupaten Bone. Panrita Abdi, 3(2), 97–104. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi

Downloads

Published

2020-02-18