HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KINERJA PENYULUH DENGAN KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH DALAM PENANGANAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU (Kasus Pada Peternak Sapi Perah di Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi)

Authors

  • Tiara Nurul Syafira Maulina Laboraturium Sosial dan Ekonomi, Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran, Jl. Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, 45360.
  • Lilis Nurlina Laboraturium Sosial dan Ekonomi, Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran, Jl. Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, 45360.
  • Marina Sulistyati Laboraturium Sosial dan Ekonomi, Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran, Jl. Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, 45360.

DOI:

https://doi.org/10.20956/jitp.v11i1.27806

Abstract

Kasus wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi perah di Kota Cimahi sebanyak 162 kasus perlu dilakukan tindakan pencegahan salah satunya oleh penyuluh. Penelitian telah dilaksanakan pada 23 Mei hingga 23 Juni 2023 di Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kinerja penyuluh, tingkat kepuasan peternak sapi perah dan hubungan antara tingkat kinerja penyuluh dengan kepuasan peternak sapi perah. Metode penelitian dilakukan melalui survei terhadap 56 responden, menggunakan metode propotional random sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan (67,86%) responden menilai tingkat kinerja penyuluh termasuk kategori sedang, dan (57,14%) responden menilai tingkat kepuasan peternak  dalam penanganan wabah PMK dalam kategori sedang, serta terdapat hubungan yang cukup erat dengan nilai korelasi Rank Spearman (  = 0,418) pada tingkat kepercayaan 95% ,antara tingkat kinerja penyuluh dengan kepuasan peternak sapi perah, dalam penanganan wabah PMK di Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-10

Issue

Section

Articles